Gunung Agung kembali Alami Tremor Berlanjut

Siluet Gunung Agung di pulau Bali terlihat dari pinggiran pantai Ampenan, Mataram, NTB, Kamis (21/9/2017). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Arah -  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Kamis pagi mengamati aktivitas tremor terus menerus (overscale) selama 24 menit di Gunung Agung.

"Kami mencatat hari ini Gunung Agung kembali tremor overscale antara Pukul 7.55 WITA hingga Pukul 08.19 WITA dan kemudian menurun kembali akibat adanya pergerakan magma di dalam kawah," kata Kepala PVMBG Kasbani saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung Desa Rendang di Karangasem.

Tremor-tremor dengan amplitudo 23 mm itu, menurut dia, menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi dan fluktuatif dan letusan masih berpotensi terjadi setiap saat. 

"Hingga saat ini kondisi Gunung Agung sangat kritis dan sudah masuk fase erupsi magmatis," kata Kasbani.

Baca Juga: Letusan Gunung Agung Tak Pengaruhi Jadwal Penerbangan
Kapal ini Akan Evakuasi Penduduk Bali Jika Gunung Agung Meletus


Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana menambahkan gempa tremor overscale pagi ini lebih singkat dibandingkan pada Rabu (29/11). Getaran yang dialami Gunung Agung membuat abu terus keluar.

"Untuk saat ini rekomendasi kami adalah agar tidak ada masyarakat yang ada di radius bahaya delapan kilometer dengan perluasan sektoral masih sepuluh kilometer ke arah utara, timur laut, tenggara, selatan dan barat daya," kata dia.

Ia mengimbau warga yang berada di luar zona bahaya itu menyiapkan masker guna menghindari paparan abu vulkanis, yang bisa menimbulkan gangguan pernafasan, iritasi kulit dan gangguan penglihatan.

Berita Terkait

Kapal ini Akan Evakuasi Penduduk Bali Jika Gunung Agung Meletus Kapal ini Akan Evakuasi Penduduk Bali Jika Gunung Agung Meletus
Masih Siaga, Drone Kini Ikut Pantau Gunung Agung Masih Siaga, Drone Kini Ikut Pantau Gunung Agung
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen

#Gunung #Gunung Agung #Bali #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar