Sembuhkan Nyeri Leher Dengan Cara Yang Sederhana Ini

Tarus Potongan Es Balok di Leher (Foto:Hufguf)

Arah - Nyeri leher dapat timbul tiba-tiba sehingga dapat mengganggu aktivitasmu. Pakar ahli merekomendasikan tips agar terbebas dari nyeri leher seperti dilansir sumber doctor.com (6/12). Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk membangun kekuatan bahu dan leher dengan tujuan mengurangi nyeri leher :

1. Ketika nyeri leher menyerang di tempat kerja, tekan dahi ke telapak tangan Anda

Tegangnya otot-otot leher juga dapat disebabkan karena stres yang menyebabkan kekakuan dan lama kelamaan akan menjadi nyeri leher. Anda dapat mengurangi ketegangan dan memperkuat leher pada waktu yang sama dengan melakukan latihan sederhana di meja kerja. Duduklah di kursi dengan keadaan tidak bersandar ke belakang dan tempatkan siku Anda pada meja. Dengan kepala berpusat di bahu, tekan dahi ke telapak tangan selama 3-5 detik. Gunakan telapak tangan untuk menahan kepala Anda dan ulangi hal ini sebanyak 3 sampai 5 kali. Kemudian duduklah dengan tegak dan tempatkan telapak tangan Anda di belakang kepala dengan siku berada dalam posisi keluar ke samping. Tekan kepala Anda kembali ke telapak tangan sehingga telapak tangan menahan tekanan dari kepala Anda. Tahan selama 3-5 detik dan ulangi tiga sampai lima kali.

2. Lakukan latihan ringan untuk menguatkan bahu

Satu lagi latihan ringan yang dapat Anda lakukan di tempat kerja untuk mengurangi nyeri leher. Tempatkan telapak tangan Anda di tepi kursi dan tekan ke dalam tangan Anda hingga pinggul dan bokong terangkat sekitar satu atau dua inchi ke udara. Tahan selama 5 detik, turunkan dan ulangi sebanyak 5 kali untuk menguatkan otot bahu.

3. Tarik kembali tulang belikat ketika sedang bersantai

Anda juga dapat melakukan latihan ringan untuk mengurangi kekakuan otot leher ketika sedang bersantai atau menonton TV bersama keluarga di rumah. Duduklah di tepi kursi dan tegakkan punggung Anda ke belakang. Tempatkan tangan Anda di pangkuan dan tariklah punggung ke belakang agar tulang belikat ikut tertarik. Tahan hingga beberapa detik, kembali bersantai dan kemudian ulangi sekali lagi ketika akan berangkat tidur.

Baca Juga: Baik Buruknya Redakan Sakit Luka Cedera Menggunakan Es Batu
Begini Cara Mudah Atasi Sakit Gigi Mendadak

4. Buatlah kompres leher sendiri

Isi 3/4 bagian kaus kaki bersih yang sudah tidak terpakai dengan nasi putih, 2 batang kayu manis, dan 1 sendok makan cengkeh. Ikat erat dengan karet gelang dan panaskan dalam microwave selama 2 menit.

Berita Terkait

Hati-hati, Bakteri Berbahaya Tak Terlihat di Toilet Umum Hati-hati, Bakteri Berbahaya Tak Terlihat di Toilet Umum
Awas ! Berjalan Sambil Main HP Dapat Merusak Tubuhmu Awas ! Berjalan Sambil Main HP Dapat Merusak Tubuhmu
Ingin Tetap Sehat? Kurangi Beli Makanan Kemasan di Luar Rumah Ingin Tetap Sehat? Kurangi Beli Makanan Kemasan di Luar Rumah

#anak sakit #Leher Sakit #sakit kepala #Leher #tips #tips kesehatan #kesehatan tubuh #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar