Mata Merah Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya

Atlet Renang asal Suriah (Foto:Dailymail)

Arah -  Selama ini, mata merah usai berenang diyakini sebagai efek dari bahan kimia yang ada di air dalam kolam renang. Tapi faktanya, penyebabnya lebih mengerikan loh.

Mata yang gatal, panas, dan merah bukanlah efek dari klorin atau kaporit yang digunakan untuk membasmi kuman dalam air kolam renang tapi justu karena urin.

The Centers for Disease Control baru-baru ini bergabung dengan Water Quality and Health Council dan National Swimming Pool Foundation untuk program Healty Swimming mereka. Program ini memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat tentang manfaat kesehatan dari berenang dan memberikan tips tentang keamanan air.

Baca Juga: Wow Ternyata Universitas Oxford Lebih Tua Dari Kerajaan Majapahit
Ternyata Makanan Yang Mengubah Kulit Orang Eropa Menjadi Putih

Dalam laporannya, mereka pun menghapus kesalahpahaman umum tentang kaporit di kolam renang umum. Kaporit bukanlah penyebab terjadinya iritasi, setidaknya bukan hanya kaporit.

“Ini justru sebaliknya. Kaporit mengikat dengan segala hal dan mencoba untuk membunuh dari tubuh, dan membentuk iritasi kimia ini,” kata Dr. Michael J. Beach. “Itulah yang menyengat mata, kaporit yang mengikat urin dan keringat.”

Jadi kesimpulannya, mata yang terasa terbakar dan teriritasi adalah efek mata yang berkontak langsung dengan urin! Mungkin ada baiknya jika ingin berenang, pakailah kaca mata renang.

Berita Terkait

Istirahatkan Mata 20 Menit dari Perangkat Gadget, Ini Alasannya Istirahatkan Mata 20 Menit dari Perangkat Gadget, Ini Alasannya
Penyakit Ganas Ini Mengintai Kamu Jika Langsung Tidur Usai Makan Penyakit Ganas Ini Mengintai Kamu Jika Langsung Tidur Usai Makan
Penelitian Ini Ungkap Jumlah Urin di Kolam Renang Umum Penelitian Ini Ungkap Jumlah Urin di Kolam Renang Umum

#Berenang #mata #kesehatan #urine #Fakta Baru #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar