Ini Alasanya Kenapa Harus Istirahatkan Mata 20 menit Dari Layar

Sejumlah anak laki-laki bermain game selama Comic Con expo di Jeddah, Arab Saudi (18 Februari 2017). (REUTERS / Ali al-Qarni)

Arah -  Spesialis mata mengingatkan Anda yang tak bisa melepaskan mata dari layar baik itu layar gawai, laptop atau lainnya untuk mengistirahatkan mata selama 20 menit.

"Dianjurkan berhenti sebentar, 20 menit. Berhenti melihat dekat. Lihatlah yang hijau-hijau atau mengobrolah dengan rekan. Atau paling tidak menutup matalah sesaat dari layar," ujar dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K).

Bukan tanpa alasan. Upaya ini menurut Gita, demi menghindari mata menjadi lelah dan kering, hingga menganggu penglihatan.

Mata lelah ditandai dengan sejumlah gejala antara lain sakit kepala, mata berair, penglihatan buram atau malah ganda, serta merasa pegal di sekitar alis pelipis, dahi dan leher.

Baca Juga: Tips Mendidik Anak Menjadi Entrepreneur
Pelatih Dortmund Peter Bosz Akan Segera Dipecat

Bila mata berair, biasanya akibat mata kering, Gita menyarankan kita mengaplikasikan obat tetes mata atau artificial tears.

Sebelumnya, spesialis optometri bersama College of Optometry di University of Houston, Amber Gaume Giannoni, mengatakan semakin lama menatap layar, maka seseorang cenderung lebih jarang berkedip.

Inilah yang mengakibatkan mata kering karena berkedip membantu merangsang kelenjar digunakan untuk melembabkan mata.

Dia mengungkapkan, ada peningkatan gejala mata kering di kalangan pasien usia muda akibat terlalu lama terpapar perangkat digital.

Berita Terkait

Mata Merah Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya Mata Merah Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya
Istirahatkan Mata 20 Menit dari Perangkat Gadget, Ini Alasannya Istirahatkan Mata 20 Menit dari Perangkat Gadget, Ini Alasannya
Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor

#Layar OLED #layar lebar #mata #kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar