Mengapa Gempa Bumi Bisa Terjadi? Ini Penjelasannya

Foto ini diambil di California pada tanggal 17 Januari 1994 ketika gempa berkekuatan 6,7 skala Richter melanda wilayah Los Angeles (sumber foto: www.ina.fr)

Arah - Gempa bumi adalah getaran yang menjalar melalui medium kulit bumi. Getaran tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal.

Misalnya meletusnya gunung, tumbukan meteor, atau ledakan besar yang teradi dibawah tanah. Namun sejauh ini, penyebab paling umum yang dapat memicu gempa bumi adalah gesekan karena gerakan lempeng tektonik.

Lempengan ini selalu bergerak. Ketika lempeng-lepeng ini saling bertumbukan atau bergesekan, akan timbul getaran.

Ada sekitar 3 juta gempa bumi terjadi dalam satu tahun yang disebabkan oleh gerakan lempeng tektonik ini.

Ada tiga cara lempeng-lempeng ini saling berinteraksi. Normal fault terjadi ketika sebuah lempeng terpisah.

Reverse Fault terjadi ketika lempeng-lempeng saling bertabrakan. Slip Fault terjadi ketika lempeng-lmpeng saling bergesekan satu sama lain.

[baca_juga]

Gempa terbesar yang pernah melanda Indonesia tercatat mencapai 9.3 skala richter. Pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Gempa ini merupakan gempa bumi terbesar dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam Aceh. Indonesia, Sri Langka, India, dan Thailand juga merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

[baca_juga]

Gempa dapat dideteksi dengan alat yang disebut seismograms. Para ilmuwan menggunakan metode yang disebut triangulation untuk mendeteksi dimana pusat gempa.

Para ilmuwan telah mencoba berbagai cara untuk memprediksi gempa, namun untuk sementara ini kita belum dapat memprediksi kapan sebuah gempa dapat terjadi.

Kita mugkin pernah mendengar bahwa hewan tertentu dapat merasakan gempa akan terjadi, ada yang meyakini itu benar, namun para ilmuan belum mengetahui bagaimana cara hewan tersebut mendeteksi gempa.

Berita Terkait

Basarnas: Gempa Jabar Berstatus Tsunami Sudah Dicabut Basarnas: Gempa Jabar Berstatus Tsunami Sudah Dicabut
BMKG: Gempa Jabar Akibat Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia BMKG: Gempa Jabar Akibat Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Ini Penjelasan Proses Terjadinya Gempa Bumi Menurut Para Ilmuwan Ini Penjelasan Proses Terjadinya Gempa Bumi Menurut Para Ilmuwan

#gempa #Gempa Bumi #gempa sukabumi #Gempa Tasikmalaya #Gempa Pangandaran #Sains/ Ilmiah #BMKG #Bencana Alam #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar