BNPB: Terhitung Ada 228 Rumah Rusak Parah Akibat Gempa Bumi

Kondisi Rumah Rusak Akibat Gempa di Pangalengan Bandung, Minggu (6/11)

Arah -  Sebanyak 228 rumah dinyatakan rusak berat akibat gempa bumi di wilayah selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Untuk sementara 228 rumah rusak berat, 152 rumah rusak sedang, dan 97 rumah rusak ringan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Sabtu.

Sementara itu, dia mengatakan masih ada 473 rumah yang akan diklasifikasikan kerusakannya.

Sutopo menuturkan warga yang rumahnya rusak karena gempa bumi, saat ini telah mengungsi di sejumlah tempat, diantaranya di beberapa tenda pengungsian, ke rumah kerabat serta ke beberapa gedung publik.

Baca Juga: Gubernur Jabar 'Ahmad Heryawan', Angkat Suara Soal Dampak Gempa
Kondisi Terkini RSUD Banyumas Setelah Diguncang Gempa

Terkait dengan bencana yang terjadi pada Jumat (15/12) malam itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei telah menuju Tasikmalaya untuk memantau kondisi pascagempa.

"Kepala BNPB juga telah menyampaikan laporan kepada Presiden tentang penanganan dan dampak yg ditimbulkan setelah gempa," tutur dia.

"Arahan Presiden agar penanganan dilakukan secara cepat, korban segera ditemukan kalau ada yg hilang, korban luka segera dirawat, pengungsi segera ditangani dengan baik dan dipenuhi kebutuhan dasarnya," tambah Sutopo.

Berita Terkait

Gubernur Jabar 'Ahmad Heryawan', Angkat Suara Soal Dampak Gempa Gubernur Jabar 'Ahmad Heryawan', Angkat Suara Soal Dampak Gempa
Basarnas: Gempa Jabar Berstatus Tsunami Sudah Dicabut Basarnas: Gempa Jabar Berstatus Tsunami Sudah Dicabut
Mengapa Gempa Bumi Bisa Terjadi? Ini Penjelasannya Mengapa Gempa Bumi Bisa Terjadi? Ini Penjelasannya

#BNPB #Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) #gempa #Gempa Bumi #Korban Gempa #Dampak Gempa #gempa sukabumi #Gempa Tasikmalaya #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar