Jangan Terlalu Lama, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Spon Cuci Piring

Spons cuci piring ilustrasi

Arah -  Jika Anda seseorang yang berulang kali menggunakan spons yang sama untuk menyeka meja dapur, meja dan piring Anda, sebaiknya gantilah spons setiap bulan, demikian menurut hasil studi dalam jurnal Scientific Reports. 

Dalam studi itu, tim peneliti Jerman menganalisis 14 spons dapur bekas yang dikumpulkan dari beberapa rumah tangga di barat daya Jerman.

Mereka menemukan bahwa spons menyimpan jumlah bakteri yang sangat tinggi. Anda hanya membuang-buang waktu jika mencoba membersihkannya secara rutin. Hasil studi bahkan menyarankan Anda mengganti spons seminggu sekali.

Baca Juga: Tips Jitu Jadi Jago Ala Nixia Ratu Gamer Indonesia
Ketua MPR: Indonesia wajib bela Palestina




Sebelumnya, temuan studi juga menunjukkan bahwa spons dapur mengandung bakteri coliform dengan jumlah tertinggi kedua dari keseluruhan barang-barang di rumah. Bakteri coliform umumnya ditemukan pada kotoran manusia dan hewan. 

Tak hanya itu, spons juga mengandung bakteri patogen - jenis yang dapat menyebabkan penyakit seperti E. coli dan salmonella.

Sebenarnya, dapur memiliki lebih banyak mikroba daripada toilet, salah satunya bersumber dari spons. 

"Spons adalah "waduk terbesar bakteri aktif di seluruh rumah," tulis para penulis studi seperti dilansir laman Time. 

Berita Terkait

Peneliti: menghirup aroma kentut bisa cegah Kanker dan Stroke Peneliti: menghirup aroma kentut bisa cegah Kanker dan Stroke
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri

#tips #bak cuci piring #Sabun Cuci Piring #spons pencuci piring #bahaya spons pencuci piring #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar