Antara Uang dan Kehormatan Versi Jack Ma Soal Bisnis

inspirasi, alibaba, jack ma, pengusaha, antara uang dan kehormatan

Arah -  Uang bukanlah hal segalanya bagi miliarder asal China bernama Jack Ma. Saat membangun kerajaan bisnisnya Alibaba pada kala itu, keputusan yang dia ambil jauh dari sekadar bisnis.

Menurut Jack Ma, keputusan yang berkaitan soal uang bukanlah keputusan yang strategis. Dia mengibaratkan, direktur keuangan yang baik sulit untuk jadi direktur utama yang baik lantaran direktur keuangan hanya memikirkan soal uang.

[baca_juga]

"Orang yang otaknya hanya dipenuhi masalah uang sulit untuk berbuat kebaikan. Sulit juga membuat persahabatan. Waktu Alibaba didirikan, kita dalam kondisi yang sulit, kita tidak punya apa-apa, tidak ada orang percaya apa yang kami lakukan. Orang-orang bilang kami gila, kami penipu," kata dia. Dikutip dari unggahan Honour International Symposium 2016, Sabtu (16/12/2017).

"Sesudah sepuluh tahun membangun bisnis ini, satu hal yang paling mendalam buat saya adalah, pengusaha dalam mengambil keputusan masa depan perusahannya, tidak ada hubungannnnya dengan uang," ujar dia.

Hal-hal seperti itu membuat Jack Ma semakin percaya membangun perusahaan tak semata soal uang. Nyatanya, hingga saat ini tidak sedikit perusahaan yang setia menjadi mitranya.

[baca_juga]

Berita Terkait

Pengusaha Muda Lirik Potensi Bisnis Wisata Teluk Palu Pengusaha Muda Lirik Potensi Bisnis Wisata Teluk Palu
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi
Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara

#Alibaba #pengusaha #pengusaha muda #Kisah Inspirasi #ide bisnis #tips bisnis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar