Anak Suka Memberontak ? Mungkin Ini Penyebab Awalnya

Ilustrasi anak marah (Shutterstock)

Arah - Sebagai orang tua mendisiplin anak dengan menggunakan hukuman fisik merupakan hal yang tidak berkenan dengan setiap ajaran dan norma.

Ketika harus menghukum anak, terkadang orangtua menjadi berlaku berlebihan. Perilaku anak yang dianggap sebagai kenakalan, seringkali disikapi oleh orangtua dengan tindakan impulsif, seperti berat dan ringannya hukuman diberikan berdasar suasana hati.

Menghukum dengan cara yang tidak tepat, bisa membuat anak merasa dilecehkan. Anak merasa orangtua sewenang-wenang, kejam, seenaknya sendiri dan sejumlah perasaan negative lainnya. Akibat lain dari hukuman yang tidak tepat, anak bisa menjadi minder, penakut ataupun menjadi seorang pemberontak.

Dengan menggunakan teknik stastistik, para peneliti menemukan perilaku buruk muncul sebagai imbas atas kekerasan yang diterima anak dari orangtua sejak kecil.

Gershoff dan rekan penelitiannya, Kierra M. P. Sattler (Universitas Texas, Austin), dan Arya Ansari (Universitas Virginia) memeriksa data 12.112 anak-anak yang sebelumnya berpartisipasi dalam riset Early Childhood Longitudinal dalam skala nasional.

Baca Juga: Miris, Negara Darurat Kekerasan Anak dan Seksual
Komnas Anak Sebut Kota ini 'Darurat' Kekerasan Anak

Untuk mengukur masalah perilaku anak dari waktu ke waktu, ketiga peneliti meminta guru untuk melakukan pemeriksaan saat anak-anak berusia 5, 6, dan 8 tahun.

Para guru melaporkan frekuensi perdebatan anak-anak, bertengkar, marah, bertindak impulsif, dan mengganggu aktivitas temannya. Hasilnya, anak-anak yang pernah dipukul saat balita menunjukkan perilaku buruk yang lebih besar saat mereka berusia 6 dan 8 tahun.

Berita Terkait

Waspada Serangan Jantung Bagi Pasangan Yang Patah Hati Waspada Serangan Jantung Bagi Pasangan Yang Patah Hati
Begini Cara Mempertahankan Kecerdasan Otak Diusia Senja Begini Cara Mempertahankan Kecerdasan Otak Diusia Senja
Benarkah Anak Perempuan Sulung Cenderung Gemuk Daripada Adiknya? Benarkah Anak Perempuan Sulung Cenderung Gemuk Daripada Adiknya?

#Kekerasan Pada Anak #Kesalahan Pola Asuh #Tes Psikologi #Psikolog Anak #Penyakit Psikologis #psikologis anak #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar