4 Penyebab Mengapa Wanita Lebih Gampang Kedinginan Dibanding Pria

Wanita Lebih Gampang Kedinginan Dibanding Pria (digitaltrends)

Arah - Pernahkah saat kamu bepergian di tempat yang dingin melihat perempuan mengenakan jaket tebal, sedangkan laki-laki tidak?

Ternyata ada penjelasan ilmiah lho, mengapa tubuh perempuan lebih mudah merasa dingin ketimbang laki-laki, berikut penjelasan lengkapnya seperti yang dikutip dari laman Fox News.

1. Perempuan lebih sensitif terhadap suhu dingin
Perempuan lebih merespon dingin dengan telapak tangan dan kaki yang berubahnya menjadi dingin ke seluruh tubuh. Menurut studi yang dimuat di jurnal medis Inggris Raya, The Lancet, tangan dan kaki perempuan lebih dingin beberapa derajat dari laki-laki. Saat tangan dan kaki merasa dingin, bagian tubuh lain juga ikut menjadi dingin.

2. Metabolisme perempuan lebih lambat daripada laki-laki
Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Applied Physiology menyebutkan jika metabolisme laki-laki 23 persen lebih tinggi daripada perempuan. Metabolisme adalah, cara tubuh mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk tubuh sehingga menghasilkan panas. Tubuh perempuan yang lebih dingin berarti memiliki metabolisme yang lebih rendah.

[baca_juga]

3. Suhu tubuh inti perempuan lebih tinggi dari laki-laki
Studi dari University of Maryland School of Medicine yang disiarkan JAMA Network, menyatakan jika ternyata suhu tubuh manusia berbeda antara satu dengan yang lain. Suhu tubuh perempuan umumnya lebih tinggi dari laki-laki. Suhu tubuh yang lebih tinggi bukan berarti merasa lebih hangat. Namun justru saat tubuh sudah terbiasa dengan suhu hangat, udara yang dingin akan terasa lebih dingin.

4. Mengonsumsi Pil KB tingkatkan suhu tubuh
Penjelasan di atas memiliki arti bila seorang perempuan sedang dalam program "keluarga berencana" atau sedang mengonsumi pil kontrasepsi, akan berdampak langsung pada hormon, dengan kata lain juga akan berpengaruh terhadap suhu tubuh. Sehingga suhu tubuh akan lebih sensitif menerima suhu lingkungan saat mengonsumsi pil ini.

Berita Terkait

Bukan Everest, Ternyata Ini Gunung Tertinggi di Dunia Bukan Everest, Ternyata Ini Gunung Tertinggi di Dunia
Survei Membuktikan: Wanita Cenderung Lebih Egois Dibanding Pria Survei Membuktikan: Wanita Cenderung Lebih Egois Dibanding Pria
Mana yang Lebih Pintar, Kucing atau Anjing? Ini Jawabannya Mana yang Lebih Pintar, Kucing atau Anjing? Ini Jawabannya

#wanita #Pria dan Perempuan #Cuaca Dingin #Suhu Tubuh #Penelitian #Sains/ Ilmiah #Fakta Baru #Fakta Unik #Fakta Menarik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar