Liburan Akhir Tahun, Lima Juta Wisatawan Serbu Yogyakarta

Ilustrasi : Kota Yogyakarta dengan icon Tugu

Arah - Momen libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 akan menjadi puncak kunjungan wisawatan di Kota Yogyakarta dan diperkirakan sekitar lima juta wisatawan masuk ke Yogyakarta pada 2017.

"Libur Natal dan Tahun Baru pada tahun ini berlangsung cukup panjang sekitar dua pekan dan bersamaan dengan libur sekolah sehingga kunjungan wisatawan ke Yogyakarta akan meningkat signifikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu (24/12).

Menurut dia, kawasan Malioboro dan sekitarnya masih akan menjadi magnet utama yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta bahkan keramaian di kawasan Malioboro sudah terjadi sejak sepekan terakhir dan diperkirakan terus meningkat hingga akhir tahun.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta membuka "Tourist Information Center" (TIC) sejak Sabtu (23/12) hingga 3 Januari 2018 di Jalan Malioboro untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada wisatawan.

Saat malam pergantian tahun, lanjut Yunianto, Malioboro juga akan menjadi salah satu titik perayaan sehingga akan dilakukan penutupan jalan untuk kendaraan bermotor. "Penutupan jalan untuk akses kendaraan bermotor rencananyak dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melintas. Hanya untuk pejalan kaki," katanya.

Baca Juga: Tips Jitu Jadi Jago Ala Nixia Ratu Gamer Indonesia
Delman Tak Lagi Istimewa, Kian Tersisih oleh 'Kuda Besi'

Yunianto menyebutkan, persiapan untuk menyambut wisatawan akhir tahun dilakukan lintas instansi sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing mulai dari kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

"Selain TIC, ada juga posko gabungan di beberapa titik seperti di Taman Parkir Abu Bakar Ali, simpang Gejayan, Gembira Loka Zoo dan di Titik Nol Kilometer," katanya.

Rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan, lanjut Yunianto juga sudah dilakukan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas meskipun kepadatan tidak dapat dihindarkan.

"Persiapan tidak hanya dilakukan di tingkat kota saja, tetapi hingga ke kecamatan sehingga wilayah dilibatkan untuk mendukung terciptanya keamanan, ketertiban dan kebersihan selama libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berpesan agar pemerintah dapat bekerja sama dengan masyarakat untuk mendukung terciptanya ketertiban dan keamanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta.

"Persiapan menghadapi libur sudah dilakukan. Yogyakarta menjadi pilihan daerah tujuan wisata pada akhir tahun ini. Kami siap menyambut wisatawan," katanya.

Berita Terkait

Catat! Ini Dia 13 Agenda Wisata Bengkulu 2018 Catat! Ini Dia 13 Agenda Wisata Bengkulu 2018
Catat 10 Hal Penting Ini, Sebelum Membeli Tiket Murah Catat 10 Hal Penting Ini, Sebelum Membeli Tiket Murah
Aneh Jajanan Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin Kayu, Tapi ... Aneh Jajanan Pasar Ini Bayarnya Pakai Koin Kayu, Tapi ...

#wisata #Wisatawan #Yogyakarta #Travel #liburan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar