Jelang Pilpres, Putin Minta Media Sosial Diawasi

Ilustrasi: Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidatonya dalam upacara pemberian anugerah memperingati Hari Rusia di Kremlin, Moskow, Minggu (12/6). (ANTARA FOTO/Sputnik/Kremlin/Mikhail Klimentyev/via REUTERS)

Arah - Presiden Rusia Vladimir Putin meminta pihak berwenang untuk mengawasi aktivitas "beberapa perusahaan" di media sosial pada pemilihan presiden tahun depan dan menilai keterlibatan mereka dalam politik dalam negeri.

"Kita perlu memperhatikan baik-baik bagaimana beberapa perusahaan berjalan di internet, media sosial dan seberapa besar mereka terlibat di kehidupan politik dalam negeri," kata Putin dalam pertemuan dengan pemimpin parlemen untuk membahas undang-undang "agen asing", dikutip dari Reuters.

Dia tidak menyebutkan nama perusahaan teresebut atau perhatiannya terhadap aktivitas perusahaan lokal dan asing. Amerika Serikat dan beberapa negara Barat menuduh Rusia ikut campur dalam pemilu mereka.

[baca_juga]

Putin bulan lalu mengizinkan negaranya menunjuk media asing sebagai "agen asing", menjawab tekanan AS terhadap media Rusia yang dipandang Moskow tidak dapat diterima.

Begitu mendapat julukan agen asing, perusahaan tersebut harus memberikan penjelasan kepada pihak berwajib salah satunya dari mana pendanaan berasal.

"Harus dianalisis bagaimana mereka beroperasi dan akan beroperasi selama Pilpres," kata dia.

Dia menambahkan kebijakan ini tidak boleh membatasi kebebasan di dunia maya.

Rusia menyatakan Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL) dan Voice of America (VoA), keduanya didukung AS, sebagai "agen asing".

Berita Terkait

Rusia Blokir Sosial Media China 'WeChat' Rusia Blokir Sosial Media China 'WeChat'
AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum! AS Tembakkan Rudal ke Suriah, Putin: Itu Pelanggaran Hukum!
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?

#Rusia #Vladimir Putin #Sosial Media #Presiden #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar