Ternyata Orang Keras Kepala Berumur Lebih Panjang

Ilustrasi Keras kepala (foto: Istimewa).

Arah - Sikap keras kepala memang menyebalkan. Namun studi terbaru menyebutkan, sikap keras kepala bisa membuat seseorang panjang umur.

Para peneliti dari University of Rome La Sapienza di Italy dan University of California San Diego School mengungkap, mereka yang memiliki kualitas positif, keras kepala, dan memiliki etika kerja positif akan hidup jauh lebih lama dibanding yang lain.

Dari hasil sebuah survei yang mempelajari tingkat kesehatan mental dan fisik warga Italia yang berusia 90 hingga 101 tahun, ditemukan bahwa peserta survei yang memiliki sifat-sifat tersebut akan cenderung memiliki umur yang lebih panjang.

"Ada sejumlah penelitian pada orang dewasa dan sangat sepuh, namun biasanya berfokus pada genetika dan bukan kesehatan mental atau kepribadian mereka," ujar penulis utama studi dan profesor psikiatri dan neurosains di UC San Diego, Dilip V Jeste.

Setelah mengumpulkan 29 peserta yang tinggal di desa-desa terpencil di Italia selatan, para peserta tersebut menjalani serangkaian tes dan wawancara, peneliti mendata kerabat mereka saat masih muda untuk mengonfirmasi kepribadian dan gaya hidup subyek penelitian.

Baca Juga: Model Cantik Ini Meninggal Usai Nyanyikan Lagu Bernada Tinggi
Ini Dia Mobil Yang Pertama Kali Ditilang Polisi

Sebagian besar mengklaim, subyek yang memiliki umur panjang itu berkemauan keras. Hal tersebut pun memiliki keuntungan psikologis, terutama karena subyek itu cenderung tak peduli bagaimana orang lain memandang mereka.

"Hal utama yang muncul dari penelitian kami dan tampaknya merupakan fitur untuk yang terkait dengan kesehatan mental masyarakat pedesaan ini adalah, sikap postif, etos kerja, keras kepala dan ikatan yang kuat dengan keluarga, agama, dan tanah air," ujar Jeste, yang juga mengklaim bahwa mereka yang memiliki gairah untuk hidup di pedesaan akan hidup jauh lebih lama.

Meski demikian, para peneliti berharap dapat menindaklanjuti temuan mereka dengan studi longitudional dan menerapkan metode mereka dalam skala yang jauh besar.

Studi panjang umur berjudul "Researchers Find Common Psychological Traits in Group of Italians Aged 90 to 101" tersebut, dipublikasi di jurnal International Psychogeriatrics.

Berita Terkait

Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional
Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’ Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’

#Umur Panjang #Peneliti #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar