Ingin Anak Curhat pada Orangtua? Begini Kuncinya

Ilustrasi ibu dan anak cerdas (Shutterstock)

Arah -  Keterbukaan anak pada orang tua terkadang tak begitu saja terjadi, sehingga orang tua perlu melakukan sedikit usaha agar anak mau bercerita soal isi hatinya.

Psikolog anak dan remaja dari EduPsycho Research Institute, Yasinta Indrianti, M.Psi mengatakan salah satu hal yang penting di sini adalah memunculkan rasa percaya anak pada orang tua.

"Munculkan rasa trust. Paling tidak, buat mereka merasa kita (orang tua) seperti teman mereka. Dengan begitu, kita mudah mengontrol mereka. Kalau ada masalah di sekolah misalnya, mereka akan mencari orang tuanya dulu," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta belum lama ini.

Baca Juga: Atasi Kekhawatiran Mimp Buruk Anak, Orangtua Perlu Tahu Ini
Ini Sarapan Untuk Anak Praktis Khusus Orangtua yang Sibuk

Selain itu, yang tak penting ialah mengajarkan anak untuk menceritakan masalah atau beban di hati mereka bukan pada orang lain.

"Tekankan bahwa kita, orang tua punya kedekatan dengan dia. Buat mereka nyaman kalau mereka tak merasa nyaman bagaimana mau bicara?," kata Yasinta seperti dilansir dari Antara.

Berita Terkait

Cara Mudah Tanamkan Jiwa Enterpreneur Pada Anak Cara Mudah Tanamkan Jiwa Enterpreneur Pada Anak
Demi Cepat Pulang, Ibu Ini Kongkalikong Minta Anaknya Berbohong Demi Cepat Pulang, Ibu Ini Kongkalikong Minta Anaknya Berbohong
Duh, Manis Banget Kedekatan 5 Artis Ganteng dan Sang Bunda Duh, Manis Banget Kedekatan 5 Artis Ganteng dan Sang Bunda

#Ibu dan Anak #momen ibu dan anak #Kesalahan Pola Asuh #orang tua dan anak #Interaksi Orangtua #psikologi orangtua #Anak Remaja #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar