Dua Cara ini Pasti Bisa Tekan Harga Sembako

Warga antre membeli sembako ketika berlangsungnya operasi pasar di Pasar Pucang, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/5). Operasi pasar yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur di 78 tempat se-Jawa Timur itu bertujuan menstabilkan harga bahan pokok, terutama harga gula. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Arah -  Ramadan datang, harga bahan pokok menjulang. Hal tersebut menjadi jamak dan hampir selalu terjadi setiap tahunnya. Tidak mengherankan jika Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menaruh perhatian khusus terhadap masalah ini.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron, meminta pemerintah menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan. "Saya mengharapkan agar gonjang-ganjing harga pangan menjelang puasa sampai lebaran tidak perlu terjadi. Masukan para pembantu Presiden harus kompak," katanya di Jakarta, Ahad (29/5).

Sebenarnya ada dua cara yang harus dilakukan pemerintah, untuk menekan harga bahan pokok sehingga tidak melambung mahal setiap menjelang Ramadan dan Lebaran. Cara tersebut, pertama adalah dengan meningkatkan pasokan berbagai jenis bahan pokok. Pemicu kenaikan harga setiap menjelang Ramadan dan Lebaran, adalah kenaikan permintaan dari konsumen. Hal ini membuat pedagang berspekulasi dengan menaikkan harga.

Cara kedua, perlu dilakukan jika pasokan bahan pokok sudah melimpah tapi harga tetap mahal. Yaitu dengan memperlancar distribusi barang. Bisa jadi meskipun pasokan bahan pokok melimpah, harga menjadi mahal karena biaya angkutan yang tinggi. Untuk itu pemerintah harus memastikan, distribusi angkutan bahan pokok dari sentra-sentra produksi atau pun dari pelabuhan kedatangan barang impor, lancar dan mudah ditempuh.

Herman Khaeron mengatakan, prioritas pertama untuk meningkatkan pasokan bahan pokok adalah meningkatkan produktivitas. Dengan begitu setiap ada kenaikan permintaan, kesejahteraan petani juga meningkat. Jika pasokan dari dalam negeri tidak mencukupi, barulah dilakukan impor.

Berita Terkait

Jelang Ramadan, JK: Opsi Impor Daging Sapi Selalu Ada  Jelang Ramadan, JK: Opsi Impor Daging Sapi Selalu Ada
Awas! Jangan Gunakan Kalimat ini dalam Berdoa Awas! Jangan Gunakan Kalimat ini dalam Berdoa
Ini Alasan Kenapa Anjing Najis Ini Alasan Kenapa Anjing Najis

#harga bahan pokok #Bagi Sembako #arahramadan #mudahnyaberbagi #Pedagang Pasar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar