Tak Disangka, Mengumpat Ternyata Ada Dampak Positifnya

marah baik untuk kesehatan (Healthtp)

Arah -  Berteriak apalagi disertai sumpah serapah merupakan kebiasaan yang buruk, namun, sebuah studi terbaru menunjukkan mengumpat justru punya efek positif bagi tubuh.

Para peneliti dari Keele University di Inggris menemukan bahwa berteriak sembari mengumpat bisa meningkatkan kekuatan fisik.

Kesimpulan ini didapatkan setelah tim yang dipimpin dosen psikologi dari Keele, Dr Richard Stephens melakukan uj icoba yang melibatkan 29 orang partisipan yang rata-rata berusia 21 tahun.

Para partisipan ini diminta melakukan aktivitas semisal bersepeda. Mereka juga diminta mengumpat sambil berteriak dan di bagian lain menyuarakan kata-kata netral.

Peneliti juga merekrut 52 orang partisipan yang rata-rata berusia 19 tahun. Masing-masing dari mereka harus menyelesaikan tes genggaman tangan sambil mengumpat dan mengulangi satu kata netral sebanyak tiga kali.

Hasilnya, mengumpat sembari berteriak bisa meningkatkan kekuatan tubuh partisipan saat melakukan tes anaerobik dan kekuatan genggaman.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Kmu Mara-Marah Sebelum Tidur
Wah, Marah Ternyata Juga Baik untuk Kesehatan Lho

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Peneliti dalam studi yang baru-baru ini dipresentasikan dalam konferensi British Psychological Society di Brighton, Inggris itu menjelaskan bahwa mengumpat mentismulasi sistem saraf simpatetik yang efeknya meningkatkan kekuatan.

"Di awal-awal penelitian diketahui mengumpat membuat orang-orang lebih berdamai dengan rasa sakit, karena terstimulasinya sistem saraf simpatetik tubuh sistem ini yang juga membuat jantung berdetak kencang kala menghadapi bahaya," kata Stephens.

Studi lain dari tahun 2011 menemukan bahwa menyumpah dapat meningkatkan kemampuan orang untuk menolerir rasa dingin.

Kendati begitu, para peneliti mengaku masih membutuhkan penelitian lebih menyeluruh mengenai kekuatan mengumpat, demikian seperti dilansir Medical News Today. 

Berita Terkait

Ini Tampang Manusia Jika Berumur 700 Tahun Ini Tampang Manusia Jika Berumur 700 Tahun
Boleh Dicatat Nih, Cara Cerdas Menunda Pekerjaan Boleh Dicatat Nih, Cara Cerdas Menunda Pekerjaan
Peneliti: cuaca panas dapat pengaruhi mood Peneliti: cuaca panas dapat pengaruhi mood

#Peneliti #Penelitian #Sistem Kekebalan #Sistem Pencernaan #Marah #Saraf Manusia #Berteriak #Rasa Lapar #Rumah Partisipasi #kegiatan positif #Tes Psikologi #kebiasaan buruk #kebiasaan negatif #emosional #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar