Ini Penyebab Utama Mata Merah Setelah Berenang

ilustrasi perempuan di kolam renang (shutterstock).

Arah - Saat menyelam tanpa kaca mata renang, mata kita biasanya akan memerah dan terasa perih. Kita kerap mengira bola mata mengalami iritasi karena klor atau kaporit bukan. Padahal, penyebab utama mata merah itu ternyata air kolam renang yang sudah terkontaminasi urine.

Ahli kesehatan dari Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Amerika Serikat, menyatakan efek kontaminasi urine di kolam renang sangat buruk. Separuh dari penelitian di Amerika keliru menyimpulkan bahan kimia yang dicampur dalam kolam bisa mengubah warna urine

Dilansir oleh laman Today (7/1), Kepala Program Kesehatan Renang, Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Amerika Serikat, Michele Hlavsa menyebutkan bahwa urine atau air seni memiliki kandungan nitrogen. Jika nitrogen ini tercampur dengan klorin, maka terbentuklah senyawa chloramine. Senyawa inilah yang kemudian menyebabkan mata kita mudah merah. Hlavsa juga menyebutkan bahwa jika semakin menyengat bau klorin di kolam renang, maka kadar urine dalam kolam tersebut juga semakin banyak.

"Urine dalam kolam mengalahkan kaporit dan menghasilkan zat yang membuat iritasi mata," Ungkapnya.

Baca Juga: Catat! Ini Dia Tips Penting Menjaga Kesehatan Mata
Gadget Jadi Penyebab Mata Kering di Generasi Muda

Mereka juga mengatakan bahwa orang-orang yang buang air di dalam kolam renang perlu mendapatkan pengarahan mengenai dampak buruk yang dihasilkan oleh urin yang mereka keluarkan apabila bercampur dengan Klorin.

Oleh sebab itu disarankan kepada siapapun yang akan berenang untuk mandi terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kolam renang. Tujuannya supaya keringat dan minyak tubuh yang menempel ditubuh ditubuh Anda tidak masuk kedalam kolam dan membentuk chloramine. Selain itu, pastikan kolam renang memiliki aliran udara yang memadai dan kualitas air yang baik.

Berita Terkait

Mata Merah Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya Mata Merah Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya
Patah Hati? Makanan Ini Dijamin  Bikin Kamu  Bisa Move On Patah Hati? Makanan Ini Dijamin Bikin Kamu Bisa Move On
Galau Dan Bingung, Presiden  Jokowi Beli Sepatu di Bandung Galau Dan Bingung, Presiden Jokowi Beli Sepatu di Bandung

#Berenang #tips #mata #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar