Kemenkes Akan Kirim 18.185 Tenaga Kesehatan ke Wilayah Terpencil

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kanan) memperhatikan proses pemeriksaan kesehatan pemudik di Pos Kesehatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (20/6). Menkes melakukan kunjungan dalam rangka melihat kelengkapan fasilitas kehatan bagi pemudik. (Foto/antara/Aprillio Akbar)

Arah -  Kementerian Kesehatan menargetkan mengirim 18.185 tenaga kesehatan ke daerah pada 2018 untuk mengurangi kesenjangan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Usman Sumantri mengatakan pemerintah telah menganggarkan Rp802 miliar untuk pengiriman tenaga kesehatan ke daerah.

Usman menjelaskan Kemenkes menargetkan mengirim 150 tim Nusantara Sehat ke daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan pada 2018. Satu tim Nusantara Sehat terdiri dari tujuh sampai sembilan orang tenaga kesehatan dengan keilmuan yang berbeda.

Selain itu Kemenkes juga akan mengirimkan tenaga kesehatan secara individu yang juga termasuk dalam program Nusantara Sehat."Target kita 3.835 peserta untuk ditempatkan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan, serta daerah sangat terpencil dan daerah biasa dengan fiskal rendah," katanya dalam konferensi pers di kantor Kemenkes Jakarta, Rabu (10/1)

Baca Juga: Awasi Penataan Tanah Abang, Ini yang Dilakukan Anies
Disuruh Setop Tenggelamkan Kapal, Susi: No Comment

Kemenkes juga menargetkan mengirimkan 12.000 dokter magang ke berbagai daerah di Indonesia.

Sementara untuk program Wajib Kerja Dokter Spesialis akan ditambahkan dari lima dokter spesialis menjadi tujuh spesialis.

"WKDS kami perluas dari lima spesialis, spesialis kebidanan, anak, internis, anestesi bedah, dan tahun ini ditambah patologi klinik dan radiologi. Sedang dipertimbangkan juga patologi anatomik," kata Usman.

Dia menyebutkan Kemenkes menargetkan mengirim 1.000 tenaga kesehatan bagi lulusan baru dari tujuh spesialis yang disebutkan.

Berita Terkait

Vaksin Palsu, Kementerian Kesehatan Diminta Cek Kondisi Pasien Vaksin Palsu, Kementerian Kesehatan Diminta Cek Kondisi Pasien
Pemerintah Indonesia Akan Selenggarakan Forum Pangan Asia Pasifik Pemerintah Indonesia Akan Selenggarakan Forum Pangan Asia Pasifik
Perokok Tidak Dijamin BPJS? Begini Penjelasan Kemenkes Perokok Tidak Dijamin BPJS? Begini Penjelasan Kemenkes

#Kemenkes #Kementerian Kesehatan #Menteri Kesehatan Nila Moeloek #kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar