Longsor Landa Selatan Kabupaten Sukabumi

Ilustrasi Longsor (Foto: Antara/Maulana Surya)

Arah -  Bencana tanah longsor melanda wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Ciemas pada Kamis, (11/1), namun tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini.

Akibat longsor yang terjadi di Ciramutan, RT 03/05, Desa Tamanjaya ini beberapa fasilitas umum seperti masjid dan jembatan rusak," kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, Kamis.

Informasinya, bencana tanah longsor tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak Rabu, (10/1) hingga Kamis, (11/1). Akibatnya tanah tebing setinggi empat meter yang di atasnya merupakan permukiman warga longsor.

Selain merusak satu unit masjid dan jembatan permanen penghubung antardesa juga mengancam rumah warga dari tujuh kepala keluarga yang berada di sekitar lokasi bencana.

Baca Juga: Gunung Agung Meletus lagi, Semburkan Abu 2,5 km
KPK Geledah Kantor Mantan Pengacara Setnov

Hingga saat ini kami masih menyiagakan relawan untuk antisipasi terjadinya longsor susulan dan juga berkoordinasi dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja, perangkat desa dan Babinsa/Babinkamtibmas," tambahnya.

Sementara, relawan BPBD Kecamatan Ciemas Dadang Supriatna mengatakan daerah tersebut merupakan rawan longsor dan banjir. Selain rusak akibat longsor, jembatan itu bagian penopangnya sudah tergerus air sungai dan terancam roboh.

Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk segera melakukan perbaikan dan mengimbau kepada warga yang ingin menyebrang agar selalu berhati-hati," katanya.

Berita Terkait

Tercatat Ada 30 Korban Tewas Akibat Badai Tropis di Filipina Tercatat Ada 30 Korban Tewas Akibat Badai Tropis di Filipina
Angin Topan di Madagaskar Tewaskan 36 Orang Angin Topan di Madagaskar Tewaskan 36 Orang
Ini Penjelasan Proses Terjadinya Gempa Bumi Menurut Para Ilmuwan Ini Penjelasan Proses Terjadinya Gempa Bumi Menurut Para Ilmuwan

#bencana #Bencana Alam #Bencana Longsor #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar