Palestina Tolak Kedatangan Wakil Presiden AS ke Timur Tengah

Seorang pria membentuk siluet saat meniupkan Shofar, tanduk biri-biri, dengan latar belakang Masjidil Aqsa (kanan) yang berlokasi di Kota Tua Yerusalem yang dikenal dengan Baitul Maqdis, Minggu (10/12/2017). (REUTERS/Ammar Awad)

Arah -  Para pejabat Palestina dari kelompok Fatah maupun Hamas menolak kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, ke Timur Tengah, Sabtu.

Juru Bicara Fatah di Tepi Barat, Osama Qawasmi mengatakan penolakan ini karena Pence adalah Pendukung buta Israel.

"Kunjungan Pence ke kawasan ini tidak bisa diterima karena dia adalah pendukung buta Israel," katanya.

Qawasmi juga menyerukan perlawanan massal di Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur terkait pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

[baca_juga]

Qawasmi juga mengingatkan negara-negara Di Timur Tengah agar tidak menerima kedatangan Pence sebagai balasan atas pengakuan Amerika Serikat soal Yerusalem itu serta karena keputusan Amerika Serikat untuk meghentikan bantuan keuangan kepada Badan Pekerjaan dan Pemulihan PBB bagi Pengungsi Palestina (UNRWA).

Senada dengan Qawasmi, Juru Bicara Hamas,Fawzi Barhoum, juga menolak kedatangan Pence.

"Tidak ada pembenaran untuk menerima pejabat Amerika Serikat (Pence) itu, sejak pernyataannya mengukuhkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel," katanya.

Pence sendiri dijadwalkan mengunjungi Mesir, Jordania dan Israel dalam waktu empat hari. Namun, ia tidak akan melakukan pertemuan dengan pejabat-pejabat Palestina, yang menunjukkan kebuntuan dalam upaya pemerintahan Presiden AS Donald Trump menjembatani perdamaian antara Palestina dan Israel.

Bulan lalu Trump mengumumkan pengakuan Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan bahwa pemerintahannya akan memindahkan kedutaan besar Amerika Serikat ke kota itu. 

Sikap Trump tersebut mengundang kemarahan secara luas dan kecaman dari banyak negara termasuk Indonesia.

Berita Terkait

Arab Serukan Pengakuan  Palestina Ibu Kota  Yerusalem Timur Arab Serukan Pengakuan Palestina Ibu Kota Yerusalem Timur
OKI Menuding Langkah Amerika Serikat Memperburuk Keamanan Kawasan OKI Menuding Langkah Amerika Serikat Memperburuk Keamanan Kawasan
Ketua MPR: Indonesia Wajib Bela Palestina Ketua MPR: Indonesia Wajib Bela Palestina

#palestina #Israel-Palestina #Peduli Palestina #Hamas #amerika #Presiden Amerika Serikat Donald Trump #Wakil Presiden AS Mike Pence #Arab Saudi #Timur Tengah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar