Polda Kalsel Tahan Pemilik Akun Penyebar Ujaran Kebencian

Acara diskusi di Balai Wartawan di kompleks Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (31/5). (Foto: Arah.com/ Dini)

Arah -  Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Rizal Irawan menyatakan, pemilik akun yang diduga melakukan penyebar ujaran kebencian di media sosial sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

"Pemilik akun Hyde Hideki Hayden sudah kami tetapkan tersangka usai gelar perkara dan langsung ditahan di Rumah tahanan Polda Kalsel," kata Kombes Pol Rizal di Banjarmasin, Minggu seperti dilansir Antaranews.

Dikatakannya, tersangka yang memiliki nama asli Hyde Hidelxy Arya Heyden tersebut oleh penyidik Subdit II yang menangani perkara Cyber Crime dipersangkakan melanggar Pasal 45 ayat 3 dan atau Pasal 45 A ayat 2 Undang-Undang No 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Untuk itu, tambahnya, masyarakat diminta tetap tenang dan tak terpancing provokasi karena kasusnya sudah ditangani melalui mekanisme hukum.

Baca Juga: Hati-hati, Begini Cara Menyikapi Ujaran Kebencian
Fadli: Usut Tuntas dan Transparan Penyebar Kebencian di Medsos

"Habib Salim juga sudah menerima penjelasan tentang prosesnya dari Kasubdit II AKBP Zaenal Arifin dan beliau akan ikut menenangkan warga," ucap Rizal kepada Kantor Berita Antara.

Sebelumnya akun media sosial bernama Hyde Hideki Hayden di Facebook dan Instagram sempat membuat postingan yang diduga mengandung unsur ujaran kebencian hingga menyulut emosi para warganet.

Pada Jumat (19/1) sore puluhan massa sempat mendatangi Kantor Ditreskrimsus Polda Kalsel karena mendapat kabar bahwa pemilik akun berada di tempat tersebut.

Belakangan diketahui pemilik akun memang sengaja datang ke kantor polisi untuk meminta perlindungan hingga akhirnya penyidik menetapkannya sebagai tersangka. 

Berita Terkait

MUI Nyatakan Tindakan Saracen HARAM MUI Nyatakan Tindakan Saracen HARAM
Heboh Penjualan Organ di Medsos, Ini Jawaban Mengejutkan  kapolri Heboh Penjualan Organ di Medsos, Ini Jawaban Mengejutkan kapolri
MIAH: Hoax Sudah Menyebar dan Menimbulkan Keresahan MIAH: Hoax Sudah Menyebar dan Menimbulkan Keresahan

#ujaran kebencian #Polemik Ujaran Kebencian #Berita Hoax #Kalimantan Selatan #tersangka #Rumah Tahanan (Rutan) #Provokator #Media Sosial #UU ITE #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar