Tarian Tarek Pukat Memukau di Ranah Minang

Para anggota IKWI Aceh menampilkan tari Tarek Pukat di Padang, Rabu (7/2). Foto Antaranews Aceh/Sudirman.

Arah -  Grup tari Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) PWI Aceh yang mementaskan tari "Tarek Pukat" tampil memakau warga Ranah Minang di Hotel Kryad, Padang, Rabu (7/2).

Istri-istri wartawan anggota PWI Aceh ini membawakan tarian tradisional tersebut mampu mempesona para peserta seminar, pada pembukaan acara yang bertema "Optimalisasi Peran IKWI dalam Tantangan Global".

Tari Tarek Pukat yang menggambarkan suatu kehidupan nelayan di masyarakat Aceh, berhasil dibawakan para penari IKWI Aceh di Bumi Ranah Minang ini pada pembukaan seminar tersebut yang merupakan bagian agenda kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) VII di Padang, Sumatera Barat, 6 - 10 Februari 2018.

Pementasan di Padang tersebut merupakan kali kedua, setelah pertama 2017 di Ambon acara yang sama.

Ketua IKWI Aceh, Dr Harbiyah Gani sekaligus pengasuh grup tari ini, mengatakan tarian etnik yang melibatkan 10 penari, IKWI Aceh dengan penari yaitu Isna, Hanifah, Susilawati, Darmawati, Suharlina, Rahmi, Leni, Samsidar, Fitri mengundang gemuruh tepuk tangan pengunjung.

Baca Juga: Wow, Grup Drama Tari Kontemporer Minangkabau Merantau ke Austria
Kue Tradisional Aceh Masih Jadi Camilan Favorit Lebaran

Harbiyah menyebutkan tari Tarek Pukat ditampilkan di hadapan pengurus IKWI dan PWI seluruh Indonesia, termasuk istri Gubernur Sumatera Barat serta pejabat utama provinsi tersebut.

Harbiyah menyebutkan, tari Tarek Pukat yang atraktif yang menggambarkan solidnya kerja sama antara penari.

Katanya seperti dilansir Antaranews, tarian ini dilakukan dengan kesamaan gerak seluruh anggota tubuh sambil merajut untaian tali (jaring pukat) dalam irama yang sangat padu.

Puncaknya adalah ketika penari berhasil menyatukan tali hingga membentuk jaring dan dibentangkan ke atas, ini suskses ditampilkan ibu-ibu IKWI Aceh.

Berita Terkait

Pertahankan Tradisi, 'Pacu Kuda Tradisional' Semakin Digemari Pertahankan Tradisi, 'Pacu Kuda Tradisional' Semakin Digemari
Semarakkan Hari Pers Nasional, Kotak Bawakan Sembilan Lagu Semarakkan Hari Pers Nasional, Kotak Bawakan Sembilan Lagu
Menarik, Jakarta Akan Tampilkan Kesenian Budaya Tiap Akhir Pekan Menarik, Jakarta Akan Tampilkan Kesenian Budaya Tiap Akhir Pekan

#Aceh #Pariwisata Aceh #Seni Budaya #Tarian Nusantara #Tari Guel (Tarian Aceh) #Tari Tradisional #Tari Tarek Pukat #tradisional #Tradisi Budaya #Sumatera Barat #Hari Pers Nasional (HPN) 2018 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar