Bulog Operasi Pasar Stabilkan Harga Beras

Kuli panggul di pasar Induk Cipinang yang seharinya mengangkut hingga 100 Ton beras.(Foto: Arie Febstyo)

Arah -  Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung terus melakukan operasi pasar beras di pasar tradisional guna menstabilkan harga bahan pokok tersebut.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Bakhtiar AS, di Palembang, Rabu, mengatakan Bulog akan terus melakukan operasi pasar beras di pasar-pasar tradisional.

Operasi pasar dilakukan dengan beberapa mitra yang memasok ke sejumlah pasar tradisional dengan harga beras Rp9.350 perkilogram.

"Kami minta masyarakat tidak khawatir terkait dengan harga beras, apalagi sekarang ini beberapa daerah sudah memasuki musim panen," katanya.

Bulog disebutnya sudah menyalurkan beras operasi pasar sebanyak 4.000 ton dengan rincian untuk wilayah Sumatera Selatan sebanyak 3.100 ton, sedangkan sisanya di Bangka Belitung.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa memasuki musim panen ini Bulog sudah mulai melakukan penyerapan beras petani, walaupun jumlahnya belum banyak.

Penyerapan beras tersebut hingga sekarang ini sebanyak 217 ton di daerah yang sudah panen seperti di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU).

Baca Juga: Mentan Sebut Produksi Beras Jabar 800.000 Ton, Masih Mau Impor?
Harga Beras di Bali Berangsur Turun

Sedangkan stok beras yang ada di gudang Bulog saat ini cukup untuk tiga bulan ke depan dan Bulog juga sudah menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra).

"Rata-rata penyalurannya sekitar 5.000 ton, sedangkan stok sekarang masih 22 ribu ton, sehingga dengan begitu masih cukup sampai empat bulan ke depan," paparnya seperti dilansir Antaranews.

Selain itu, Bulog juga sudah mulai melakukan penyerapan beras petani dengan pembelian skema komersial. 

Berita Terkait

Panen Padi di Musi Rawas Tak Pernah Usai, Pasokan Beras Aman Panen Padi di Musi Rawas Tak Pernah Usai, Pasokan Beras Aman
Jateng Kini Tak Perlu Beras Impor Jateng Kini Tak Perlu Beras Impor
Djarot Yakin Bulan Puasa Konsumsi Beras akan Turun Djarot Yakin Bulan Puasa Konsumsi Beras akan Turun

#Operasi Pasar #beras #Harga Beras #Pasar Tradisional #Panen Padi #Sumatera Selatan #Bangka Belitung #bahan pokok #harga bahan pokok #Penyerapan Beras Petani #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar