Para Penelitian Ungkap Kecenderungan Anak dalam Penggunaan Sosmed

Ilustrasi sosial media. (Foto: foter.com)

Arah - Penelitian yang dilakukan pada 5.242 anak-anak remaja berusia 11-20 tahun di Ontario, Kanada, menunjukkan penggunaan media sosial (termasuk What's App dan Facebook) selama satu jam sehari, berdampak besar terhadap tidur anak.

"Menatap layar gawai telah menjadi hal biasa dalam kehidupan kita dan kita baru mengerti soal bahaya dan keuntungannya," kata Dr Jean Philippe Chaput, peneliti yang melakukan riset ini. Hampir 63,6 persen responden memiliki waktu tidur lebih sedikit dari yang direkomendasikan, yaitu 7-8 jam setiap malam.

Baca Juga: Bikin Heboh Media Sosial, Inilah Gadis Bali Bermata Biru
Wah! Studi Sebut Media Sosial Bukan Untuk Kaum Muda

Pada remaja yang mengakses gawai dan media sosial lebih dari satu jam, durasi tidurnya lebih sedikit lagi. Padahal, remaja zaman "now" kebanyakan sudah memiliki gawai dan memainkannya sepanjang hari.

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa penggunaan ponsel sebelum tidur bisa mengganggu produksi melanin dalam tubuh. Orang yang sering menatap layar gawainya diketahui lebih susah mencapai tidur nyenyak di malam hari. Kurang tidur juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental

Berita Terkait

Wow, Pengguna Whatsapp Tembus Satu Miliar Wow, Pengguna Whatsapp Tembus Satu Miliar
Ternyata, Mengunggah Foto Liburan di Instagram Mengundang Bahaya Ternyata, Mengunggah Foto Liburan di Instagram Mengundang Bahaya
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?

#WhatsApp #Sosial Media #fenomena sosial media #Anak Muda Jakarta #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar