Penyebab Hujan Deras di Sumbar Rabu Hingga Kamis

Ilusttasi foto: Angin kencang dan hujan dari Topan. (REUTERS)

Arah -  Hujan deras yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat sepanjang Rabu (14/2) hingga dini hari disebabkan oleh penimbunan penguapan akibat cuaca panas beberapa waktu terakhir di provinsi itu, kata Pejabat BMKG Stasiun Ketaping.

"Cuaca yang panas sejak awal Februari menyebabkan penguapan yang tinggi dan menumpuk, sehingga intensitas hujan yang turun cukup lebat," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiadji di Padang, Kamis.

Hujan yang turun kemarin 193 milimeter per 24 jam, namun kata dia, hujan tersebut cukup menghabiskan energi hujan, jadi beberapa hari ke depan diperkirakan kembali kering.

Budi menyebutkan beberapa hari ke depan cuaca diperkirakan kembali dominan panas atau cerah berawan, karena saat ini kondisi atmosfer Sumbar dalam masa peralihan dari musim basah ke musim kering.

[baca_juga]

Meskipun dodiminasi panas, pihaknya memperkirakan sebagian wilayah di provinsi itu masih berpotensi hujan ringan pada malam hari beberapa hari ke depan, yakni di daerah Kota Padang, Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Panjang, Agam, dan Bukittinggi.

Kemudian untuk potensi hujan intensitas sedang pada malam hari terjadi di Kepulauan Mentawai dan Kota Pariaman, ujarnya.

"Suhu Sumbar beberapa hari ke depan 17 hingga 31 derajat celsius," kata dia.

Saat cuaca kembali didominasi panas, kata dia masyarakat diimbau tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran.

"Kebakaran hutan sangat mudah terjadi pada musim panas," tambahnya.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer.

Sementara hujan deras yang melanda pada Rabu sore menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Padang, tergenang air sekitar 30 centimeter.

Beberapa kawasan seperti Jalan Sawahan, Jalan Nias, Kampung Pondok, Jondul Rawang tegenang air di Padang, Rabu malam seperti dilansir Antaranews.

Berita Terkait

Waspada, Hujan dan Angin Kencang Guyur Sebagian Jakarta Hari Ini Waspada, Hujan dan Angin Kencang Guyur Sebagian Jakarta Hari Ini
Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang Hari Ini Jakarta Diprediksi Berawan dan Berangin Kencang
BMKG: Jabodetabek Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat BMKG: Jabodetabek Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

#hujan #hujan lebat #Curah Hujan #Hujan Lokal #Musim Hujan #Potensi Hujan #Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) #Sumatera Barat #Kelembaban udara #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar