Jelang Libur Panjang Imlek, Harga Tiket Pesawat Naik 50 Persen

Ilustrasi tiket pesawat (Shutterstock)

Arah -  Harga tiket pesawat menuju Pontianak, Kalimantan Barat, terutama dari Jakarta mengalami kenaikan yang cukup signifikan hampir 50 persen menjelang libur panjang menyambut perayaan Imlek 2018.

"Dengan bertambahnya jumlah permintaan wajar saja harga tiket juga naik hampir separuh dari sebelumnya. Sekarang rata-rata sudah diatas satu juta rupiah, sebelumnya di kisaran Rp500an ribu. Kalau istilahnya saat ini lagi high season," ujar Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Kalbar, Nugroho Henray di Pontianak, Kamis.

Hanray menjelaskan terpenting yang perlu diperhatikan semua pihak adalah bagaimana permintaan atau orang berbondong - bondong ke Kalbar bukan hanya saat Imlek saja namun pada momen lainnya.

"Kita harapkan wisatawan selalu datang ke Kalbar dan tentu itu perlu peran semua pihak agar hal itu bisa terwujud," harapnya

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak, Syarif Saleh . Menurutnya ketika permintaan tinggi seperti saat Imlek dan Cap Go Meh maka berlaku hukum pasar sehingga mendorong harga tiket naik.

"Tingginya harga tiket itu hanya sesaat karena tamu ramai. Sementara kursi di pesawat tidak mencukupi jadi berlaku hukum dagang tapi bagi penggemar atau turis sepertinya tak masalah terbukti tetap ramai yang ke sini," papar dia.

Ia berharap para turis ke Kalbar termasuk ke Pontianak semakin bertambah. Pihaknya akan terus meningkatkan dan memaksimalkan potensi wisata Pontianak seperti sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas.

Sementara itu, Direktur Jejaring Wisata (Jewita) Kalbar, Aristono Edi Kiswantoro mengatakan Kalbar dan Kota Pontianak memiliki keunikan tersendiri. Menurutnya setiap momen hari besar keagamaan dan lainnya selalu ramai.

[baca_juga]

"Jadi kita tidak menafikan permintaan tinggi harga tiket naik. Tentu hal itu harus menjadi perhatian juga," jelas dia seperti dilansir Antaranews.

Dikatakan dia harga tiket pesawat yang tinggi dan begitu juga hotel tentu sedikit banyaknya mempengaruhi minat dan jumlah kunjungan wisatawan ke Kalbar.

"Bahkan ada terkesan aji mumpung itu yang harus diberikan solusi. Kita berharap ada solusi bagaimana harga tiket dan lainnya stabil sehingga wisatawan akan jauh lebih ramai. Meskipun saat ini juga sudah ramai. Namun idealnya harga stabil saja," jelas dia.

Berita Terkait

Jelang Imlek, Singkawang Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Imlek, Singkawang Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok
Jelang Perayaan Imlek, Perajin Lampion Badung Kebanjiran Pesanan Jelang Perayaan Imlek, Perajin Lampion Badung Kebanjiran Pesanan
Pasar Semawis Semarang Siap Digelar, Sambut Perayaan Imlek Pasar Semawis Semarang Siap Digelar, Sambut Perayaan Imlek

#Harga Tiket Pesawat #Tiket Pesawat #libur panjang #Lampion Imlek #Perayaan Imlek #Aksesoris Imlek #Hari Raya Imlek #Pontianak #Kalimantan Barat #Wisatawan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar