Kiat Pemkot Padang untuk Percepat Penyerapan Anggaran Pembangunan

Rumah Adat Minangkabau, Sumatera Barat. (shutterstock)

Arah -  Pemerintah Kota Padang, Sumbar memperkuat kemampuan dan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pengadaan barang dan jasa guna mempercepat penyerapan anggaran.

"Kami perkuat melalui bimbingan teknis untuk meminimalkan persoalan terkait keterlambatan penyerapan anggaran," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kesra Padang Afrizal Khaidir, dikonfirmasi di Padang, Rabu.

Bimbingan teknis ini dilakukan kepada pejabat pembuat komitmen dan pelaksana teknis kegiatan.

Manfaatnya untuk memperkuat pengetahuan dan pemahaman teknis serta upaya menyederhanakan proses penyusunan dokumen pengadaan secara jelas dan sistematika.

"Diharapkan ini dapat mempercepat penyerapan anggaran, tidak seperti tahun sebelumnya yang dinilai lambat, " ujar dia seperti dilansir Antaranews.

Dia menambahkan selama ini persoalan krusial yang terjadi yakni lambatnya penyampaian dokumen pengadaan kepada Unit Layanan Pengadaan.

Hal ini berimplikasi pada kurangnya serapan anggaran sehingga tidak sesuai jadwal yang direncanakan.

Persoalan yang mendasar yakni tidak maksimalnya proses kontrak pengadaan barang dan jasa akibat lemahnya pemahaman dan pengetahuan beberapa Organisasi Perangkat Daerah.

Baca Juga: Balita Tewas Tercebur dalam Kaleng Cat
PMJ Belum Dapat Info Kepulangan Rizieq Shihab

Akibatnya penyusunan dokumen barang dan jasa juga tidak maksimal dan terlambat dalam pemasukan pada Rencana Umum Pengadaan.

Sementara itu Kepala Unit Layanan Pengadaan Yoga Amin mengatakan penguatam SDM melalui bimbingan teknis pengadaan merupakan kegiatan rutin pemerintah.

Akan tetapi mengingat masih perlunya peningkatan kapasitas pelatihan ini disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Pada bimbingan teknis yang digelar sejak Selasa (20/2) hingga Kamis (22/2) diikuti 56 peserta dan menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah RI (LKPP RI), Kejaksaan Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Sasarannya usai pelatihan penyerapan anggaran lebih cepat sesuai program yang ditetapkan sekaligus mengoptimalkan kinerja pelayanan. (*)

Berita Terkait

MUI Padang Anjurkan Penyaluran Zakat Melalui Amil MUI Padang Anjurkan Penyaluran Zakat Melalui Amil
Kini Jalan Sumbar - Riau Sudah Dapat Dilalui Kini Jalan Sumbar - Riau Sudah Dapat Dilalui
Mudik ke Sumbar, Jangan Lupa Cek Destinasi Wisata Pilihan di Sini Mudik ke Sumbar, Jangan Lupa Cek Destinasi Wisata Pilihan di Sini

#Padang #hemat anggaran #Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) #Sumatera Barat #Sumber Daya Manusia #Pemerintah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar