Jakpro: Pembangunan LRT Sudah 63 Persen Selesai

Pekerja menyelesaikan pembangunan jalur layang Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (10/10). Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan proyek MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) diperkirakan selesai pada tahun 2019 mendatang sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang menjadi masalah di Ibukota. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Arah  - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan pembangunan sarana transportasi Light Rail Transit (LRT) di Ibu Kota sudah 63 persen selesai.

Terhitung sampai dengan 15 Februari 2018, progres pembangunan LRT Jakarta sudah mencapai 63,01 persen," kata Direktur Utama PT Jakpro Satya Heragandhi di Jakarta, Jumat.

Rinciannya, ia menjelaskan, pekerjaan utama prasarana mencapai 62,92 persen dan pekerjaan rolling stock sarana mencapai 59,21 persen.

"Sementara itu, untuk pekerjaan persiapan sudah selesai 100 persen. Pekerjaan sarana sudah dimulai sejak 20 Desember 2016 dan ditargetkan sudah selesai pada Agustus 2018," kata Satya.

Baca Juga: Anies Tak Ragu Tutup Diskotek Yang Melanggar Perda
Sebanyak 100 Embung Telah Dibangun untuk Kabupaten Kupang

Proses pengujian dan commissioning, menurut dia, ditargetkan sudah dapat dilaksanakan pada Mei 2018.

Ia menjelaskan pula bahwa kontrak pengadaan rolling stock dengan total 16 gerbong sudah dimulai sejak 1 Februari 2017 dan ditargetkan selesai Oktober 2018.

"Untuk proses pengecatan kereta pertama telah selesai pada akhir Oktober 2017 di Korea. Dua gerbong pertama akan tiba di Jakarta paling lambat pada akhir April 2018, kemudian siap dilakukan testing dan commissioning," kata Satya.

Ia mengatakan bahwa delapan gerbong LRT ditargetkan siap dioperasikan akhir Juli 2018, dan delapan gerbong LRT berikutnya siap beroperasi akhir Oktober 2018. 

Berita Terkait

Desain MRT Disebut Mirip Jangkrik, Ahok: Nggak Bisa Diganti Desain MRT Disebut Mirip Jangkrik, Ahok: Nggak Bisa Diganti
Anies Apresiasi Kemajuan Proyek MRT Anies Apresiasi Kemajuan Proyek MRT
Jokowi Targetkan MRT Beroperasi Maret 2019 Jokowi Targetkan MRT Beroperasi Maret 2019

#Jakarta #MRT Jakarta #Pembangunan MRT #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar