Jokowi Akan Ajak Partai-partai Pendukungnya Tentukan Cawapres

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDI Pejuangan Megawati Soekarnoputri, Rakernas PDIP di Bali. (Foto: Istimewa) (Istimewa)

Arah -  - Presiden Joko Widodo akan mengajak partai-partai pendukungnya untuk membicarakan tentang kriteria dan calon wakil presiden sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019.

Mengenai kriteria, mengenai wakil presiden itu dibicarakan bersama-sama nantinya dengan seluruh partai pendukung, akan kita bicarakan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah acara penyerahan sertifikat tanah adat di Pura Dalem Sakenan Serangan Kota Denpasar, Jumat.

Jokowi baru ditetapkan sebagai calon presiden 2019-2024 oleh PDI Perjuangan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III partai berlambang banteng tersebut.

Namun Jokowi mengaku masih belum menetapkan kriteria dan siapa calon pendampingnya hingga saat ini.

"Belum masih panjang, masih panjang, ini masih panjang, masih ada bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus," katanya.

Terkait masih ada kemungkinan beberapa partai lain yang akan mengusungnya sebagai capres 2019-2024, Jokowi menyatakan menyerahkan sepenuhnya kepada partai-partai tersebut. "Ya terserah partai," katanya.

[baca_juga]

Saat ditanya tentang tokoh atau calon yang paling sesuai dengan visi misinya terkait pola pembangunan berdikari ke depan yang cocok sebagai pendampingnya kelak pada posisi wapres, Jokowi hanya tersenyum.

"Nanti setelah berbicara dengan semua partai-partai, baru saya sampaikan," katanya.

Ia mengakui dalam benaknya sudah ada calon yang dimaksud tapi belum akan disampaikannya sebelum berbicara dengan partai-partai pengusungnya. "Ada di sini, ya ada," katanya sambil menunjuk ke arah pelipis kirinya.

Ia menegaskan jika telah ada kesepakatan dengan semua partai dan bertemu secara intensif baru akan ditentukan.

"Nanti dilihat ke depan. Ya nanti kalau sudah ada kesepakatan dengan semua partai. Kita sudah ketemu, ketemu, ketemu, nanti ketemu lagi ketemu, ketemu, ketemu," katanya.

Berita Terkait

Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
Ketua MPR: Istilah Mahar Politik Pojokkan Islam Ketua MPR: Istilah Mahar Politik Pojokkan Islam
Idrus Tidak Masalah Lengser Dari Posisi Sekjen Golkar Idrus Tidak Masalah Lengser Dari Posisi Sekjen Golkar

#politik #politikus #Presiden #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar