Bangka Tengah Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Sejumlah wisatawan berkunjung di Pantai Tanjung Tinggi, Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Rabu (20/7). Setelah menjadi salah satu lokasi syuting film laris Laskar Pelangi, pantai yang dihiasi hamparan pasir putih dan banyaknya batu granit raksasa tersebut menjadi magnet wisatawan dan meningkat pesat jumlah kunjungan wisatanya selama enam tahun terakhir. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Arah -  Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di Desa Batu Belubang.

"Ini bentuk komitmen pemerintah dalam memajukan sektor kepariwisataan karena potensinya ada, hanya tinggal dioptimalkan saja," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, KEK pariwisata tersebut dengan konsep terpadu dimana berbagai sektor pendukung dunia kepariwisataan akan dikembangkan di kawasan tersebut, termasuk usaha ekonomi kerakyatan yang mendukung kemajuan dunia kepariwisataan di antaranya kuliner dan oleh-oleh khas daerah.

Selain itu juga akan dibangun kawasan industri kepariwisataan di Kecamatan Lubuk Besar yang terintegrasi dengan pelabuhan internasional yang akan dibangun dan sekaligus pembangunan PLTU.

Baca Juga: Kemenlu Harapkan Dubes Viralkan Pariwisata Bali
Ada Bahasa Indonesia Dalam Layanan Google Assistant yang Baru

"Terkait kawasan perhotelan potensinya memang ada di Kecamatan Pangkalanbaru karena lebih dekat dengan Kota Pangkalpinang dan Bandara Depati Amir," kata Sugianto menambahkan.

Ia mengatakan, Koba sebagai ibukota Kabupaten Bangka Tengah memang tidak memiliki hotel karena pembangunan hotel lebih terpusat di Pangkalanbaru.

"Sebagian wisatawan beranggapan bahwa Pangkalanbaru itu masuk wilayah Kota Pangkalpinang, padahal itu masuk Kabupaten Bangka Tengah termasuk Bandara Depati Amir juga berada di daerah kabupaten. Hanya saja berbatasan dengan Kota Pangkalpinang," ujarnya, seperti dilansir Antaranews.

Berita Terkait

KBRI Kopenhagen Gelar Promosi Pariwisata Indonesia di Lithuania KBRI Kopenhagen Gelar Promosi Pariwisata Indonesia di Lithuania
Liburan di Belitung? Awas Air Pasang Laut Sedang Tinggi! Liburan di Belitung? Awas Air Pasang Laut Sedang Tinggi!
Maskapai Garuda Mulai Jajaki Penerbangan Belitung - Australia Maskapai Garuda Mulai Jajaki Penerbangan Belitung - Australia

#Pariwisata #pariwisata indonesia aman #Promosi Pariwisata Indonesia #bangka #Bangka Tengah #Bangka Belitung #Prov Kep Bangka Belitung. #Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) #Wisata Belitung #Ekonomi Kerakyatan #Pangkal Pinang #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar