Transportasi Publik di Padang Masih Jauh Tertinggal

Suasana transportasi berbasis aplikasi, Jakarta, Rabu (22/3/2017). (Arah.com/ Dani Hermansyah)

Arah - Pakar transportasi publik Universitas Andalas (Unand) Padang, Dr Yossyafra menilai pengelolaan angkutan umum di kota Padang perlu direvitalisasi sebagai upaya mencegah dan menekan terjadinya kemacetan di jalan raya.

"Transportasi publik di kota Padang masih jauh tertinggal dibanding kota besar lainnya, ini harus menjadi perhatian bagi calon kepala daerah yang terpilih nanti," kata dia di Padang, Selasa.

Menurutnya pada 2007 sudah ada dokumen rencana induk pengembangan transportasi di Padang dengan membuat sekitar enam koridor transportasi umum tapi hingga 2018 baru satu yang direalisasikan.

"Mari belajar dari DKI Jakarta mulai menata transportasi pada 2005 dan pada 2010 sudah ada 15 koridor bus transjakarta," ujar dia.

Ia menilai pengembangan transportasi publik di Padang terlalu lambat karena itu siapa pun kepala daerah yang terpilih harus berkomitmen menjadikan ini sebagai salah satu program strategis.

"Kepemilikan kendaraan pribadi terus bertambah, sementara pengaturan angkutan umum masih lemah dan pelayanannya relatif jauh tertinggal," tambah dia.

Pelayanan angkutan umum itu adalah kewajiban pemerintah, jika ada kendala anggaran pemkot bisa berkoordinasi dengan provinsi atau pemangku kepentingan lainnya seperti PT KAI, lanjut dia.

Baca Juga: Google Maps Tambah Fitur Baru Untuk Melacak Transportasi Publik
Menhub Minta Pemprov DKI Kembangkan Transportasi Terintegrasi

Ia mengatakan penataan ulang transportasi umum di Padang bertujuan menekan kemacetan sehingga warga yang biasa menggunakan kendaraan pribadi bisa beralih pakai angkutan umum.

"Dengan demikian kemacetan bisa ditekan atau diperlambat,," tambah dia.

Ia menyampaikan untuk hal ini sudah banyak pelajaran dari kota lain yang bisa diambil untuk diterapkan dan yang dibutuhkan hanya komitmen dari kepala daerah terpilih untuk fokus mewujudkannya.

Berita Terkait

Mengapa Orang Lebih Tertarik Menggunakan Jasa Ojek Online? Mengapa Orang Lebih Tertarik Menggunakan Jasa Ojek Online?
Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Tips Aman Menggunakan Transpotasi Umum Tips Aman Menggunakan Transpotasi Umum

#Transportasi #Transport kota #Moda Transportasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar