Sekitar 20 Persen Siswa SMK Ambil Jurusan Bisnis Manajemen

Sejumlah murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Palu, Sulawesi Tengah, Senin (13/2). Simulasi tersebut digelar agar siswa lebih siap menghadapi UNBK, serta guna mengetahui kendala dan hambatan agar dapat diperbaiki atau dibenahi sehingga tidak lagi terjadi kesalahan pada saat pelaksanaanya. (Foto:Antara)/Fiqman Sunandar

Arah -  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Ir Bahrun MM mengatakan sekitar 20 persen siswa yang ada di jenjang sekolah kejuruan itu mengambil jurusan yang termasuk dalam kategori bisnis manajemen.

"Saat ini ada 4,9 juta siswa SMK mulai dari kelas satu hingga kelas tiga. Sekitar 1,2 juta diantaranya mengambil jurusan bisnis manajemen," ujar Bahrun di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, jurusan bisnis manajemen bukan tidak diperlukan pada saat ini namun perlu adanya revitalisasi agar disesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan meminta agar adanya penyelarasan kurikulum SMK dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.

"Kami mengakui kompetensi yang ada di SMK selama ini dianggap kurang sesuai dengan kebutuhan yang ada di industri.", ujarnya seperti dilansir Antaranews.

Baca Juga: KPU Garut Ambil Alih Tugas Komisioner Tersangka Suap
Bungkam Persebaya 2-0, Arema Melaju ke Final

Untuk jurusan bisnis manajemen, kata Bahrun, pihaknya berupaya menyesuaikannya dengan perkembangan zaman misalnya mengubah jurusan pemasaran menjadi pemasaran dalam jaringan (daring), kemudian logistik untuk penjualan daring dan yang terbaru juga ada jurusan energi terbarukan.

"Kami berupaya untuk meningkatkan kompetensi dari siswa lulusan SMK ini. Sehingga begitu lulus, tidak hanya siap kerja tetapi juga bisa menjadi wirausahawan muda."

Bahrun menjelaskan di sejumlah SMK yang ada jurusan pemasaran daring, ada siswa SMK yang beromset hingga ratusan juta rupiah dari pekerjaan sampingannya sebagai pedagang melalui internet.

Berita Terkait

Mendikbud Prihatin TKI Tidak Lulus SD Mendikbud Prihatin TKI Tidak Lulus SD
OK OCE Akan Fasilitasi Permodalan ke Lembaga Keuangan OK OCE Akan Fasilitasi Permodalan ke Lembaga Keuangan
Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI

#Logistik #SMK #Bisnis Manajemen #Kemendikbud #internet #Siswa SMK #wirausaha #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar