Sleman Rutin Gelar Olimpiade Kitab Kuning

Santri memaknai kitab kuning saat kilatan kitab di Masjid Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (8/6). Kiltan kitab kuning tersebut merupakan tradisi di pondok pesantren untuk mengisi bulan suci ramadan. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Arah - Pemerintah Kabupaten Sleman setiap tahun rutin menggelar Olimpiade Kitab Kuning bekerja sama dengan Forum Silaturrahmi Pondok Pesantren (FORSIPP).

Tahun ini olimpiade berkenaan dengan pembelajaran kitab-kitab referensi studi Islam berbahasa Arab karangan ulama dan intelektual muslim yang mencakup bidang seperti Alquran dan ilmu tafsir Alquran, hadits dan ilmu hadits, fiqih, ilmu kalam, ilmu lughah, sejarah Islam, tasawuf, tarekat, dan akhlak dimulai 4 Maret di Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA), Sardonoharjo, Ngaglik.

"Ada 155 santri yang turut serta dalam Olimpiade Kitab Kuning tersebut. Meraka berasal dari 20 Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Sleman. Kegiatan ini digelar selama satu hari dengan melibatkan 14 dewan juri," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Sri Winarti, Selasa.

Ia menjelaskan pemerintah Kabupaten Sleman sengaja mengalokasikan anggaran untuk kegiatan Olimpiade Kitab Kuning setiap tahun sebagai ungkapan terima kasih pemerintah daerah kepada pondok-pondok pesantren.

"Pemkab Sleman merasa selama ini pondok pesantren memiliki andil yang besar dalam menanamkan pendidikan karakter kepada masyarakat di Kabupaten Sleman," katanya.

Baca Juga: Salut, Wasit Ini Hentikan Pertandingan Saat Azan Berkumandang
Terbukti! Ini Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Menurut Sains

Ia mengatakan penyelenggaraan olimpiade tersebut mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Ainur Rofiq, yang menganggapnya sebagai bagian dari bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap lembaga pendidikan masyarakat.

Sri menambahkan bahwa Sleman merupakan pemerintah daerah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Olimpiade Kitab Kuning. Selama ini kegiatan serupa yang populer di kalangan Pondok Pesantren adalah Musabaqoh Tilawatil Kutub (MTK) di bawah naungan Kementerian Agama RI.

Berita Terkait

Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional
Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak
Sandiaga Ungkapkan Harga Beras di Jakarta Siap Turun Sandiaga Ungkapkan Harga Beras di Jakarta Siap Turun

#Sleman #alkitab #Kitab Suci Alquran #Olimpiade #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar