Waspada, Cirebon Akan Hujan Lebat Selama Bulan Maret

Ilustrasi hujan (Foter.com/CC0)

Arah - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Majalengka, Jawa Barat, menyatakan untuk wilayah Cirebon pada bulan Maret masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terutama sore dan malam hari.

"Masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore-malam hari," kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faa Iziyn di Majalengka saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa.

Pada tahun ini juga kata Faa Iziyn, untuk puncak musim hujan di wilayah Cirebon sudah bergeser yaitu pada bulan Februari-Maret.

Pada Maret, kata dia, hujan masih masuk kategori tinggi yaitu 300 mm per bulan dan itu tentu harus diwaspadai.

"Bulan Maret ini intensitas hujan masih masuk kategori tinggi," tuturnya.

Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai adanya hujan intensitas tinggi karena bisa menimbulkan bencana, baik longsor maupun banjir.

"Selama bulan Maret ini juga perlu diwaspadai potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan lainnya," katanya seperti dilansir Antaranews.

Di wilayah Cirebon yang terdiri dari Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan, beberapa waktu lalu terkena musibah akibat intensitas hujan yang tinggi.

Baca Juga: BPBD Manggarai Timur Himbau Masyarakat Waspadai Hujan Petir
Guru Besar IPB Kembangkan Model yang Bisa Ramal Curah Hujan

Di Cirebon terutama bagian timur ribuan rumah terendam banjir selain karena adanya luapan sungai Cisanggarung, juga hujan yang lama dan lebat.

Sedangkan di Kabupaten Kuningan dan Majalengka yang merupakan wilayah pegunungan terjafi bencana longsor dan juga pergerakan tanah dan itu juga salah satunya karena intensitas hujan yang tinggi.

Berita Terkait

Waspada, Akan Ada Hujan Lebat dan Kebakaran Hutan Pekan Depan Waspada, Akan Ada Hujan Lebat dan Kebakaran Hutan Pekan Depan
Penyebab Hujan Deras di Sumbar Rabu Hingga Kamis Penyebab Hujan Deras di Sumbar Rabu Hingga Kamis
Tercatat Ada Empat Kecamatan di Alor Rawan Banjir Tercatat Ada Empat Kecamatan di Alor Rawan Banjir

#hujan #hujan lebat #Curah Hujan #Hujan Lokal #Musim Hujan #penyakit musim hujan #kegiatan di musim hujan #Cirebon #Majalengka #Indramayu #Bencana Alam #Longsor #banjir #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar