DKI ingin Kepulauan Seribu Jadi "Beranda Depan"

Turis domestik berwisata di Pantai Perawan, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Minggu (19/11/2017). Pulau Pari merupakan salah satu tujuan wisata bahari di Kepulauan Seribu. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Arah - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperbaiki infrastruktur listrik dan menghadirkan energi baru terbarukan di Kepulauan Seribu untuk memenuhi kebutuhan warga dan mendukung pengembangan pariwisata dalam upaya menjadikan daerah itu sebagai "beranda depan" provinsi, bukan lagi "halaman belakang".

"Kami akan bersinergi dengan salah satu BUMD DKI, yakni PT Jakpro Utilitas dalam menyiapkan kebutuhan tenaga listrik untuk kebutuhan masyarakat dan obyek-obyek wisata di Kepulauan Seribu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, saat menyampaikan pengarahan dalam Forum Group Discussion PT Jakarta Utilitas Propertindo mengenai Proyeksi Kebutuhan Listrik di Kepulauan Seribu.

"Kami ingin Kepulauan Seribu maju seperti daerah-daerah lain yang ada di wilayah Jakarta, karena Kepulauan Seribu itu bukan lagi halaman belakang, tetapi beranda terdepan Pemprov DKI Jakarta," ia menambahkan.

Di Kepulauan Seribu, ia menjelaskan, saat ini sudah ada kabel listrik bawah laut sepanjang 75 kilometer namun itu belum cukup untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik, ditambah pemanfaatannya belum optimal.

[baca_juga]

Ia mengatakan bahwa Kepulauan Seribu memiliki 105 pulau namun baru 16 pulau yang teraliri listrik. Warga Pulau Sebira termasuk yang belum bisa menikmati pasokan listrik selama 24 jam. Mereka sementara menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

"Oleh karena itu, kedepannya kita harus sudah bisa memberikan solusi berupa EBT. Dengan adanya EBT, maka energi listruk bisa menjangkau sampai ke wilayah Kepulauan Seribu yang paling ujung, yaitu Pulau Sebira," tutur Sandiaga.

Penambahan jaringan dan peningkatan pasokan listrik di Kepulauan Seribu, dia mengatakan, antara lain akan mendorong peningkatan industri skala rumah tangga dan perbaikan layanan pendidikan.

"Perlu diingat pula bahwa pengadaan kebutuhan listrik di Kepulauan Seribu juga dalam rangka menyambut perhelatan event olah raga akbar Asian Games 2018," demikian Sandiaga Uno.

Berita Terkait

Ahok Lanjutkan Normalisasi Ciliwung, Sandi Ngaku Perbanyak Sabar Ahok Lanjutkan Normalisasi Ciliwung, Sandi Ngaku Perbanyak Sabar
HUT 490 Jakarta, Djarot Ingin Mental Warga Lebih Baik HUT 490 Jakarta, Djarot Ingin Mental Warga Lebih Baik
Pemprov DKI Segera Revitalisasi Danau Dan Waduk Pemprov DKI Segera Revitalisasi Danau Dan Waduk

#Pemprov DKI Jakarta #Gubernur DKI Jakarta #Pulau Seribu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar