Data 50 Juta Pengguna Facebook Bocor, Bikin Kekayaan Mark Merosot

Mark Zuckerberg(Foto:Istimewa)

Kekayaan pendiri dan pemilik Facebook Mark Zuckerberg turun US$ 4,9 miliar (atau sekitar Rp 67,5 triliun) dalam sehari, Senin (19/3/2018), setelah terjadi kebocoran data 50 juta pengguna Facebook kepada agensi iklan tim sukses Donald Trump.

Seperti dikutip Bloomberg, Zuckerberg pada Jumat lalu mengatakan, perusahaan konsultan dan advertising Cambridge Analytica menerima data melalui pengembang aplikasi di jaringan sosialnya, dan ini melanggar kebijakan Facebook.
Perusahaan tersebut memanen data dari 50 juta pengguna tanpa izin.

Parlemen AS dan Eropa hendak mendengar langsung dari Zuckerberg alasan perusahaan konsultan tersebut bisa mengambil data tanpa izin.

Sementara tekanan ini berlanjut, investor saham khawatir, Facebook akan dijatuhi regulasi lebih berat. Sahamnya pada Senin kemarin terperosok sampai 6,8%, dan memangkas kekayaan Zuckerberg menjadi US$ 70,4 miliar.

Baca Juga: Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Meninggal Dunia
RI Mampu Jadi Pusat Pertumbuhan Industri Petrokimia

Kekhawatiran pasar ini menular pada saham-saham teknologi lainnya, dan ikut memangkas kekayaan pemiliknya. Jeff Bezos pemilik Amazon.com misalnya, ikut kehilangan US$ 2,1 miliar kemarin.

Sementara pendiri Alphabet Inc Larry Page dan Sergey Brin masing-masing kehilangan kekayaan US$ 1,5 miliar.

Kekayaan Zuckerberg turun ke posisi kelima versi Bloomberg Billionaires Index. Dia berada di belakang setelah Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffett, dan Amancio Ortega.

Berita Terkait

Mark Zuckerberg Akhirnya Wisuda Setelah 12 Tahun DO dari Harvard Mark Zuckerberg Akhirnya Wisuda Setelah 12 Tahun DO dari Harvard
Harga Minyak Dunia Kembali Turun Setelah Persediaan AS Meningkat Harga Minyak Dunia Kembali Turun Setelah Persediaan AS Meningkat
Ini yang akan Dilakukan Negara Muslim Jika Trump Akui Yerusalem Ini yang akan Dilakukan Negara Muslim Jika Trump Akui Yerusalem

#Mark Zuckerberg #Facebook #Trump #amerika #bisnis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar