Kemenhub Imbau Rest Area Jangan Untuk Inapkan Kendaraan

Sebanyak 39 negara siap menghadiri The 4th Asia - Europe Meeting - Transport Minister Meeting (ASEM - TMM) yang dimulai pada 26 September 2017 di Bali, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Arah -  Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meminta agar keberadaan rest area bisa digunakan sebagaimana mestinya terutama selama arus mudik Lebaran 2018.

Pasalnya, menurut dia, penggunaan rest area saat ini lebih dari sebagai tempat istirahat sementara.

"Agar rest area yang ada saat ini bisa dioptimalkan. Sampai sekarang, rest area kerap digunakan untuk menginapkan kendaraan dan pertemuan," kata Budi dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018, di Tegal, Jawa Tengah, Jumat.

Ia menginginkan rest area bisa difungsikan hanya sebagai tempat istirahat sementara.

Pihaknya meminta penanggung jawab rest area untuk mengimbau pengemudi agar jangan berhenti terlalu lama.

Budi juga menginginkan adanya manajemen alur kendaraan yang masuk ke rest area. Selain itu jika lokasi rest area sudah cukup padat, maka agar dilakukan penutupan arus masuk rest area.

Baca Juga: BI: Pengguna Bitcoin di Indonesia Turun Tajam
UGM Mengkaji Secara Objektif Metode Cuci Otak

Penataan arus kendaraan di rest area penting karena, kata Budi, arus masuk dan keluar rest area ini menjadi salah satu penyebab kemacetan di tol saat mudik Lebaran. Maka itu hal ini dibahas dengan sejumlah pihak terkait dalam rapat ini.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyarankan agar dilakukan penambahan rest area di sejumlah ruas tol. Menurut Royke, keberadaan rest area itu sangat penting.

Dengan penambahan jumlah rest area, maka kepadatan kendaraan yang beristirahat akan terpecah di beberapa rest area sehingga dampaknya terhadap kemacetan di tol bisa berkurang.

Namun demikian, bila penambahan rest area sulit dilakukan, ada opsi lain yakni dengan memperluas rest area yang sudah ada.

"Rest area menjadi kunci. Pada saat arus balik tahun lalu (rest area) menjadi penyebab kemacetan di tol," kata Irjen Royke.

Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Imam Sugianto, perwakilan KNKT, BNNP, Basarnas dan Dishub Jawa Tengah.

Berita Terkait

Mudik 2017 Dinilai Sukses, Budi Karya: Jangan Jumawa Mudik 2017 Dinilai Sukses, Budi Karya: Jangan Jumawa
Kendaraan Meningkat, Rest Area KM 57 Diberlakukan Buka Tutup Kendaraan Meningkat, Rest Area KM 57 Diberlakukan Buka Tutup
Kadishub Ancam Cabut Izin Operasi PO Bus Yang Tidak Taat Aturan Kadishub Ancam Cabut Izin Operasi PO Bus Yang Tidak Taat Aturan

#Kemenhub #Rest Area #Mudik Lebaran #Ramadan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar