TNI AU Akan Kurangi Demo Udara Saat Perayaan HUT RI

Tim akrobatik udara TNI AU, Jupiter, bermanuver di langit di atas Jakarta pada Rabu (5/4) sebagai latihan untuk memeriahkan peringatan ke-71 TNI AU yang akan dirayakan pada Minggu (9/4). (Foto: Dispen TNI AU)

Arah -  TNI Angkatan Udara berencana mengurangi demo udara pada acara puncak perayaan ulang tahun ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/4), termasuk meniadakan aksi pesawat tempur.

"Konsep HUT kali ini agak lain dengan sebelumnya. Tahun ini kami akan kurangi demo udara yang besar-besaran. Tahun ini kami lebih mendekatkan diri ke masyarakat," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam konferensi pers di Skadron 17, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa rangkaian kegiatan perayaan HUT TNI AU sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu, mulai dari kegiatan donor hingga acara kuliner.

Pada perayaan ulang tahun kali ini, Yuyu menjelaskan, TNI Angkatan Udara ingin mendekatkan diri kepada masyarakat karena pada hakikatnya TNI ada untuk rakyat.

Upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat antara lain dilakukan dengan membuka menggelar pentas musik untuk umum hingga Minggu (8/4), serta pameran pesawat tempur yang memberi kesempatan pengunjung berinteraksi langsung dengan penerbang dan teknisi.

Baca Juga: Sandiaga Ikut Lari Susur Ciliwung
Kemenhub Imbau Rest Area Jangan Untuk Inapkan Kendaraan

"Masyarakat akan meramaikan, besok ada kuliner dan pameran, penggemar motor tua dan mobil, kita buka seluas-luasnya untuk masyarakat. Kami sudah lakukan mulai panggung prajurit dan static show terbuka untuk umum. Selama dua hari Lanud Halim terbuka untuk masyarakat umum," katanya seperti dilansir Antaranews.

Ia menambahkan bahwa pesta rakyat yang mencakup pameran alutsista hingga aksi akrobatik pesawat TNI Angkatan Udara juga meriahkan perayaan ulang tahun.

"Ada pameran Sukhoi, F16, T50 lengkap dengan persenjataannya. Masyarakat juga bisa ngobrol dengan pilotnya juga. Kami akan tampilkan dua hari ini aksi dari Tim Jupiter," kata mantan Pangkoopsau I ini.

Yuyu menambahkan puncak perayaan ulang tahun akan berlangsung Senin (9/4), dan diikuti sekitar 2.500 prajurit TNI AU. Temanya "Dilandasi Jiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, dan Modern TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI".

Berita Terkait

Langit Jakarta Bising Gemuruh Jet Tempur, ini Sebabnya Langit Jakarta Bising Gemuruh Jet Tempur, ini Sebabnya
HUT TNI AU, 132 Pesawat Berbagai Jenis Dikerahkan di Lanud Halim HUT TNI AU, 132 Pesawat Berbagai Jenis Dikerahkan di Lanud Halim
Dua pesawat Tempur F-16 Hibah Dari Amerika Segera Tiba Dua pesawat Tempur F-16 Hibah Dari Amerika Segera Tiba

#TNI AU #Pesawat Tempur TNI #Atraksi Pesawat TNI #Helikopter Milik TNI AU #Pameran Alutsista TNI AD #Lanud Halim Perdanakusuma #Pameran Foto #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar