Alasan Utama yang Jadi Pemicu Banjir di Puncak

Warga membersihkan lumpur di dalam musala akibat banjir bandang di Kecamatan Jatihandap, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/3/2018). Banjir bandang yang disertai dengan lumpur tersebut disebabkan oleh luapan Sungai Cicabe akibat intensitas hujan yang tinggi di beberapa wilayah Kota Bandung. (ANTARA FOTO)

Arah -  Hujan lebat disertai angin kencang telah mengawali bencana besar di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, yang Sabtu malam kemarin disapu banjir bandang yang menelan satu nyawa.

Komandan Distrik Militer 0621, Bogor, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar operasi penyelamatan dan mengevakuasi korban banjir Kali Cisarua yang telah memutus jalur alternatif Puncak di Bogor - Cipanas di Cianjur itu.

Banjir bandang itu terjadi mulai pukul 18.40 WIB, Sabtu malam kemarin.

"Ada enam korban dengan perincian satu meninggal dunia, enam dinyatakan selamat," kata Dandim 0621 Letkol Inf Fransisco, Minggu, seperti dilansir Antaranews.

Baca Juga: Pesantren Persis Di Garut Terendam Banjir
Ratusan Rumah Di Aceh Selatan Terendam Banjir

Hujan lebat yang mengguyur daerah ini kemarin menjadi pemicu utama banjir. Angin kencang yang menyertai hujan lebat itu telah meluapkan air Kali Cisarua sehingga menyapu lumpur di sekitarnya yang kemudian menghanyutkan enam rumah.

Masyarakat sekitar belum mengetahui anggota keluarga mereka menjadi korban banjir bandang ini, namun evakuasi masih terus dilakukan oleh tim penyelamat.

Francisco menyebutkan petugas terus melakukan upaya penyelamatan dan membuat jembatan penghubung darurat bisa berfungsi kembali.

Berita Terkait

Begini Hasil Analisis BMKG Soal Banjir dan Longsor di Bogor Begini Hasil Analisis BMKG Soal Banjir dan Longsor di Bogor
Roda Perekoniman Kawasan Puncak-Cianjur Kembali Stabil Roda Perekoniman Kawasan Puncak-Cianjur Kembali Stabil
Akibat Longsor, Puncak Pass Hanya Dilalui Sepeda Motor Akibat Longsor, Puncak Pass Hanya Dilalui Sepeda Motor

#hujan lebat #Hujan Ringan #Bogor #Puncak Bogor #Longsor #Bencana Alam #Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) #Cipanas #Cianjur #Angin Kencang #Petir #korban banjir #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar