ASITA Kecam Pemandu Wisata Bermain-main dengan Komodo

binatang purba komodo/Foter/ Bryn Pinzgauer

Arah - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur Abed Frans mengecam aktivitas pemandu wisata (guide) yang mengajak wisatawan bermain-main dengan satwa komodo di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Pulau Flores.

"Sebagai asosiasi perjalanan wisata kami mengecam dan menyesalkan kegiatan wisata bermain-main dengan satwa komodo seperti itu," kata Abed Frans kepada Antara di Kupang, Minggu (8/4).

Ia mengatakan terkait aktivitas pemandu wisata yang mengajak wisatawan bermain-main dengan satwa komodo (varanus komodoensis) yang didokumentasikan melalui video amatir dan disebarluaskan.

Dalam video itu, tampak pemandu wisata (ranger) yang membawa para wisatawan menggunakan sekitar dua "speed boat" bermain-main dengan sejumlah satwa komodo yang berada di salah satu pantai di dalam kawasan TNK.

Baca Juga: Ini Alasan Pengelola Taman Nasional Komodo Batasi Pengunjung
Wisata Komodo Raup Pendapatan Rp29,1 Miliar

Sejumlah komodo yang berada di pantai kemudian berenang menghampiri pemandu wisata dan wisatawan di dalam "speed boat" atau kapal cepat dan diganggu menggunakan tongkat, kemudian kembali lagi ke pantai.

Abed Frans mengaku sangat menyesalkan aktivitas wisata seperti ini karena sangat membahayakan keselamatan wisatawan.

Berita Terkait

Tangani Masalah Sampah, TNK Libatkan Tiga Desa Setempat Tangani Masalah Sampah, TNK Libatkan Tiga Desa Setempat
Alami Kenaikan, Populasi Hewan Purba 'Komodo' Kini 3.012 Ekor Alami Kenaikan, Populasi Hewan Purba 'Komodo' Kini 3.012 Ekor
Ini Alasan Pengelola Taman Nasional Komodo Batasi Pengunjung Ini Alasan Pengelola Taman Nasional Komodo Batasi Pengunjung

#komodo #Desa Komodo #Pulau Komodo #Wisata Komodo #Bandara Komodo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar