Diduga Keracunan, Belasan Warga Kulon Progo Dirawat

Korban keracunan massal mendapatkan perawatan di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (10/2). Sejumlah 78 warga Desa Larangan, Mrebet, Purbalingga, mengalami pusing, mual-mual, dan diare, usai membeli dan memakan ayam bakar balado, pada hari Kamis (9/2) malam, sehingga harus dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Arah -  Belasan warga Dusun Kalinongko, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami keracunan diduga akibat menyantap rendang sapi dalam acara hajatan pada Selasa (10/4).

Kasat Reskrim Polres Kulon Progo AKP Dicky Hermansyah di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pihaknya melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang keracunan dan mengambil contoh makanan untuk pemeriksaan di laboratorium.

"Rencananya, contoh makanan tersebut akan kami kirim ke Laboratorium Forensik Semarang (Jawa Tengah) guna mengetahui penyebab kejadian keracunan," kata Dicky.

Ia mengatakan sejumlahl makanan yang diambil untuk diperiksa adalah olahan rendang, acar, dan olahan telur puyuh.

"Kami belum dapat menyimpulkan penyebab keracunan yang menyebabkan belasan warga keracunan," katanya seperti dilansir Antaranews.

Baca Juga: Bank Muamalat Butuh Tambahan Modal
Kenali 10 Tanda Jelang Masa Menopause

Pada Selasa (10/4), ada 14 orang yang keracunan makanan, dengan gejala mual-mual, muntah dan diare, serta pusing-pusing kemudian dilarikan ke rumah sakit. Sebanyak 12 orang yang keracunan menjalani pengobatan jalan dan dua orang lainnya masih dirawat di RSUD Wates.

Salah satu korban Diah Ayu mengatakan dirinya tidak merasa aneh saat menyantap hidangan hajatan tersebut. Diah mengaku baru merasa mual pada Selasa (10/4) petang hingga akhirnya langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Saya makan seperti biasa, tidak merasakan ada yang aneh soal makanannya," katanya.

Berita Terkait

Habis Makan Siomay, 26 Anak di Mandailing Natal Keracunan Habis Makan Siomay, 26 Anak di Mandailing Natal Keracunan
Keracunan Pakan, 22 Ekor Sapi Mati Mendadak Keracunan Pakan, 22 Ekor Sapi Mati Mendadak
Hati-hati, Ini Dia Dampak Jika Konsumsi Makanan Mengandung Cacing Hati-hati, Ini Dia Dampak Jika Konsumsi Makanan Mengandung Cacing

#Diare #Rendang #makanan #Yogjakarta #keracunan #Korban Keracunan #Rumah Sakit #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar