Masyarakat Kaki Gunung Merapi, Dibekali Mitigasi Bencana

Gunung Merapi(Foto:Antara)

Arah -  Masyarakat di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dibekali pengetahuan dan keterampilan melakukan mitigasi bencana karena daerah ini memiliki ancaman tujuh jenis bencana alam, khususnya letusan Gunung Merapi.

"Peran masyarakat menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan mitigasi bencana," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Rabu.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Sleman tidak akan mampu melakukan mitigasi bencana tanpa perani masyarakat dan tim relawan.

"Gladi Lapang penanggulangan bencana yang dilaksanakan di desa-desa rawan bencana merupakan kegiatan penting karena Kabupaten Sleman memiliki tujuh ancaman bencana alam, yaitu erupsi Gunung Merapi, banjir, angin puting beliung, tanah longsor, kekeringan, kebakaran, dan gempa bumi. " katanya.

Ia mengharapkan dengan gladi penanggulangan bencana masyarakat mampu mempersiapkan diri jika suatu saat terjadi bencana di wilayahnya.

"Dengan seperti itu diharapkan mampu meminimalkan potensi jatuhnya korban jiwa. Jadi kita harus mempunyai kesiapsiagaan menghadapi bencana yang mungkin akan terjadi," katanya.

Sri Muslimatun mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui BPBD Kabupaten Sleman telah mengukuhkan Desa Tangguh Bencana (Destana) sebanyak 38 Desa.

Baca Juga: Wisata Gunung Merapi dipasarkan untuk Turis Vietnam
UNESCO Tetapkan Gunung Rinjani Sebagai Geopark Dunia

"Pengukuhan Destana telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman sejak 2014. Total sudah ada 38 desa yang dikukuhkan. Pada 2018 BPBD Kabupaten Sleman menargetkan untuk mengukuhkan delapan Destana," katanya.

Ia mengatakan BPBD Kabupaten Sleman juga mengadakan gladilLapang penanggulangan bencana di sekolah-sekolah yang disebut dengan Sekolah Siaga Bencana (SSB).

"BPBD Kabupaten Sleman telah mengukuhkan 42 SSB, dan menargetkan delapan sekolah lagi untuk 2018," katanya seperti dilansir Antaranews.

Berita Terkait

Tujuh Rumah Rusak Parah Akibat Angin Kencang Tujuh Rumah Rusak Parah Akibat Angin Kencang
Berikut Nama 26 Korban Longsor Ponorogo yang Masih Hilang Berikut Nama 26 Korban Longsor Ponorogo yang Masih Hilang
Pejabat di Mataram Dilarang Matikan Ponsel saat Libur Pejabat di Mataram Dilarang Matikan Ponsel saat Libur

#Sleman #Yogjakarta #Gunung Merapi #Gunung Meletus #Pelatihan Mitigasi #Bencana Alam #Badan Penangulangan Bencana Daerah #Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) #Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) #pelatihan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar