Pemerintah Bangun 100 Kapal Rakyat Tahun Ini

Sejumlah kapal nelayan mengikuti parade laut memperingati Hari Kelahiran Pancasila di Kota Ende, NTT, Kamis (1/6). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Arah -  Kementerian Perhubungan tahun ini menggunakan anggaran Rp300 miliar untuk membangun 100 kapal rakyat yang akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Kami akan membangun kapal rakyat, sekarang ada 24 kapal dan akan 100 lagi yang akan distribusikan ke seluruh indonesia," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di Universitas Cokroaminoto, Makassar, Kamis.

Ia menambahkan pemerintah akan mendistribusikan 10 sampai 15 kapal untuk Sulawesi Selatan. Selain menyediakan kapal, pemerintah akan memberikan pelatihan dan pendidikan pelayaran kepada para pelaut muda di Sulawesi Selatan.

"Oleh karenanya, sore nanti saya akan membuka suatu pelatihan, 3.000 anak muda pelaut-pelaut Sulawesi Selatan dididik dan diharapkan bisa menjadi tokoh-tokoh pelaut," katanya seperti dilansir Antaranews.

Baca Juga: Turki Perpanjang Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan
13 Guru Korban Kejahatan Kelompok Bersenjata Papua dievakuasi

Dia mengatakan universitas-universitas seperti Universitas Cokroaminoto bisa bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan untuk pendidikan dan pelatihan bidang kemaritiman.

"Nanti bisa saja Universitas Cokroaminoto kerja sama BPSDM untuk menjangkau sekolah-sekolah untuk menciptakan pertumbuhan yang baik," katanya.

Budi Karya mengatakan daerah-daerah lain yang akan menerima bantuan kapal rakyat di antaranya Bulukumba, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Berita Terkait

Hasil Pertemuan, Pemerintah Usulkan Tarif Ojek Rp2.000 Per Km Hasil Pertemuan, Pemerintah Usulkan Tarif Ojek Rp2.000 Per Km
Kementeriannya Terlibat Korupsi, Menhub Janji Awasi Semua Proyek Kementeriannya Terlibat Korupsi, Menhub Janji Awasi Semua Proyek
Menhub: Angkutan Umum Transportasi Masa Depan Menhub: Angkutan Umum Transportasi Masa Depan

#Menteri Perhubungan #Budi Karya Sumadi #Kapal Laut #Kapal Layar #pelatihan #Sulawesi Selatan #Sumber Daya Manusia #Melaut #Pemerintah #Maritim #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar