Ternyata Ini Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan

Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan (Istimewa)

Arah - Kegiatan bercumbu atau sekedar mencium istri tak jarang menjadi kegiatan rutin sebagai bentuk kasih sayang. Baik dilakukan hendak pamit kerja, pulang kerja atau sebelum tidur. Lantas, sahkan puasa kita jika bercumbu dengan istri?.

Berdasarkan beberapa hadits, Rasulullah SAW menyebutkan diperbolehkan asal tidak sampai mengeluarkan air mani (tidak menimbulkan syahwat).

Dari Aisyah ra, Ia berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mencium dan mencumbu istrinya sedangkan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dalam keadaan berpuasa. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan demikian karena beliau adalah orang yang paling kuat menahan syahwatnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Ini Tips Ampuh Lawan Kantuk Saat Puasa
Dehidrasi Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi

Dan dari hadits lain disebutkan, dari Jabir bin Abdullah, dari Umar bin al-Khattab, beliau berkata: "Pada suatu hari aku rindu dan hasratku muncul kemudian aku mencium istriku padahal aku sedang berpuasa, maka aku datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan aku berkata, "Hari ini aku melakukan suatu kesalahan besar, aku telah mencium istriku padahal sedang berpuasa" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya, "Bagaimana pendapatmu jika kamu berpuasa kemudian berkumur-kumur?" Aku menjawab, "Seperti itu tidak mengapa." Kemudian Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Lalu apa masalahnya?" (HR. Ahmad).

Jadi, diperbolehkan mencium dan mencumbu istri asal tidak mengundang nafsu dan keluar mani. Jika tidak bisa mengontrol nafsu, menghindari adalah lebih baik.

Berita Terkait

Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa? Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa?
Benarkah Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa Bisa Bikin Batal? Benarkah Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa Bisa Bikin Batal?
8 Tips Berpuasa Bagi Non-Muslim 8 Tips Berpuasa Bagi Non-Muslim

#Puasa #Berpuasa #Ramadan #Tips Ramadan #Bulan Ramadan #Suami Istri #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar