Benarkah Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa Bisa Bikin Batal?

Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa (Shutterstock)

Arah - Menelan ludah adalah suatu aktivitas yang sering kita lakukan. Bagaimana hukumnya menelan ludah ketika sedang berpuasa? Apakah membatalkan puasa kita atau bagaimana hukumnya?

Menurut Fatwa Lajnah Daimah bahwa menelan ludah tidak membatalkan puasa. Meski banyak atau sering dilakukan ketika di masjid dan tempat-tempat lainnya. Akan tetapi jika berupa ludah bercampur dahak maka sebaiknya tidak ditelan, tetapi diludahkan.

Jika ada yang bertanya, “Bolehkah menelan dahak dengan sengaja?” maka jawabannya: tidak boleh menelan dahak, baik bagi yang berpuasa maupun yang tidak berpuasa, karena dahak adalah benda kotor. Bahkan, bisa jadi membawa penyakit hasil metabolisme tubuh. Akan tetapi, menelan dahak tidak membatalkan puasa, selama belum diludahkan. Menelan dahak juga tidak bisa dinamakan makan maupun minum. Jika ada orang yang menelannya, padahal dahak sudah berada di mulut, hal ini pun tidak membatalkan puasanya. Demikian penjelasan Syekh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin di Asy-Syarhul Mumti’, 6:428.

Baca Juga: Dehidrasi Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi
Ini Tips Ampuh Lawan Kantuk Saat Puasa

Sesuatu yang tidak mungkin dihindari ketika puasa, seperti menelan ludah, tidak membatalkan puasa. Karena menghindari semacam ini sangat memberatkan. Kasusnya sebagaimana debu jalanan atau tebaran tepung. Jika ludah itu telah keluar ke bajunya atau diletakkan diantara jarinya atau berada di antara bibirnya, kemudian kembali dia telan, atau dia menelan ludah orang lain, maka puasanya batal. Karena berarti dia menelan ludah selain dari mulutnya. Sehingga sama dengan ketika dia menelan benda lainnya. (Al-Mughni: 3/122).

Hal senada juga disampaikan Sayyid Sabiq. Ketika membahas tentang hal-hal yang dibolehkan bagi orang yang berpuasa, beliau mengatakan:

“Demikian pula, dibolehkan untuk menelan benda-benda yang tidak mungkin bisa dihindari. Seperti menelan ludah, debu-debu jalanan, taburan tepung, atau dedak…” (Fiqh Sunnah, 1/462)

Berita Terkait

Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa? Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa?
Ternyata Ini Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan Ternyata Ini Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan
Lebih Sehat Kloset Duduk atau Jongkok? Ini Kata Ahli Lebih Sehat Kloset Duduk atau Jongkok? Ini Kata Ahli

#Ramadan #Tips Ramadan #Bulan Ramadan #LUDAH #kesehatan #Fakta Rahasia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar