Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa?

Suami Mengajak Berhubungan Intim (Shutterstock)

Arah - Pilih puasa atau batal puasa saat suami mengajak berhubungan intim? Ya, dalam konteks ini perlu dilihat terlebih dahulu puasa apa yang sedang dikerjakan, sunnah atau wajib (Ramadhan).

Jika sedang melaksanakan puasa Ramadhan, maka tidak diperbolehkan membatalkannya. Jika puasa sunnah, maka istri diperbolehkan membatalkan puasanya. Dan hal ini bukanlah termasuk merusak amal kebajikan dengan melakukan amalan-amalan maksiat.

Rasulullah Saw bersabda: "Jika kalian mencampuri istri-istri kalian termasuk sedekah!." Mendengar sabda Rasulullah itu para sahabat keheranan dan bertanya: "Wahai Rasulullah, seorang suami yang memuaskan nafsu birahinya terhadap istrinya akan mendapat pahala?" Rasulullah SAW menjawab: "Bagaimana menurut kalian jika mereka (para suami) bersetubuh dengan selain istrinya, bukankah mereka berdosa? "Jawab para sahabat: "Ya, benar". Beliau bersabda lagi: "Begitu pula kalau mereka bersetubuh dengan istrinya (di tempat yang halal), mereka akan memperoleh pahala!". (HR. Muslim, Ahmad dan Nasa'i).

Baca Juga: Ini Tips Ampuh Lawan Kantuk Saat Puasa
Dehidrasi Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang istri telah mendirikan salat lima waktu dan berpuasa bulan Ramadhan dan memelihara kehormatannya dan mentaati suaminya, maka diucapkan kepadanya: Masuklah Surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki." (HR. Ahmad dan Thabrani).

Dan perihal membatalkan puasa sunnah lantaran permintaan suami sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan perlunya izin bagi seorang istri untuk berpuasa sunnah. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda, "Tidak halal bagi seorang wanita melakukan puasa (sunnah) sedang suaminya berada di rumah (tidak dalam keadaan musafir). (HR. Bukhari dan Muslim). (Said)

Berita Terkait

Ternyata Ini Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan Ternyata Ini Hukum Mencumbu Istri Saat Puasa Ramadhan
Benarkah Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa Bisa Bikin Batal? Benarkah Menelan Ludah dan Dahak Saat Puasa Bisa Bikin Batal?
8 Tips Berpuasa Bagi Non-Muslim 8 Tips Berpuasa Bagi Non-Muslim

#Puasa #puasa ramadhan #Ramadan #Tips Ramadan #Bulan Ramadan #Suami Istri #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar