Tips Periksa Gula Darah Disaat Puasa

Ilustrasi pengukur gula darah (Pixabay/stevepb)

Arah -  Para penderita diabetes yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan perlu menaati sejumlah aturan dari ahli kesehatan agar tak mengalami komplikasi, salah satunya jadwal pemeriksaan gula darah.

"Ada titik-titik krusial untuk tahu puasanya berisiko atau tidak," ujar spesialis penyakit dalam dari RSCM, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, di Jakarta, Rabu.

Waktu yang dimaksud yakni sebelum berbuka puasa dan dua jam setelah berbuka, sebelum tidur, sebelum sahur dan di tengah hari.

[baca_juga]

Yunir mengatakan, pemeriksaan gula darah ini demi menjaga kadar gula dalam batas normal sekaligus mencegah hipoglikemi (kadar gula rendah). Kadar gula darah normal pada tubuh, yakni sebelum makan antara 70-130 mg/dL.

Lalu, dua jam setelah makan, kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan atau berpuasa selama setidaknya delapan jam kurang dari 100 mg/dL.

Seseorang yang mengalami kekurangan gula darah umumnya merasa mudah lapar, pusing, keringat dingin, berkunang-kunang dan bingung. Kondisi ini bisa mengganggu jantung hingga berujung terjadinya serangan jantung. 

Berita Terkait

Nongkrong Asik? Ya..di Jakarta Nongkrong Asik? Ya..di Jakarta
Pemprov DKI Gratiskan Tiket Mmasuk Ancol? Pemprov DKI Gratiskan Tiket Mmasuk Ancol?
Menjajal OK Otrip Menjajal OK Otrip

#kadar gula darah #Berpuasa #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar