Skyegrid, Platform Lokal yang Bikin Gamer Nggak Boros

Peluncuran Skyegrid dihadiri Menteri Rudiantara

Arah -  Ingin bermain game terbaru, seperti Fortnite, Assasin's Creed Origins atau mungkin Far Cry 5, namun laptop yang Anda punyai sekarang tidak mumpuni karena bukan laptop gaming? Atau, bahkan perangkat yang Anda punyai sekarang hanya sebuah ponsel di genggaman? Tenang, tidak perlu khawatir, karena mulai hari ini Anda bisa menjadi seorang gamer.

Skyegrid, startup asli buatan Indonesia, telah resmi meluncurkan solusi berupa platform game streaming berbasis Cloud, atau populer pula disebut Cloud Gaming. Sederhananya, platform ini memungkinkan siapa saja untuk bermain game triple A[1] ("AAA") dari apapun perangkat yang dimilikinya—termasuk laptop kerja biasa berbasis Windows, Macbook dan iMac, bahkan ponsel Android! Ya, ini membuat Skyegrid menjadi platform Cloud Gaming Android pertama di Indonesia.

"Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, nggak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid," ujar Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam Acara Peluncuran 'Skyegrid' di Balai Kartini, Jakarta.

[baca_juga]



"Dengan Skyegrid, siapa pun bisa menjadi gamer AAA, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga system requirement game yang tinggi. Ya, paling tidak punya ponsel Android, itu sudah cukup."

Saat ini, Skyegrid hanya menyediakan satu paket berlangganan, yakni Rp179.000,- untuk 30 hari. Bagi pengguna yang juga memiliki akun Steam aktif, ia bisa menautkan akun Steam-nya tersebut ke akun Skyegrid untuk menambah koleksi game-game-nya yang terbaru.

"Sehingga, investasi untuk bermain game terasa sangat mahal bagi sebagian orang. Sebab itu, kami akan mengubah cara pandang orang tentang bermain game dengan Skyegrid," tegas Rolly.

"Skyegrid ini berbeda dengan platform (game) biasanya. Istilahnya di economy digital, Skyegrid adalah contoh dari economy sharing. Artinya, teknologi ini bisa memberikan stimulan pada teman-teman pengembang lokal di Indonesia untuk menuju pasar internasional. Negara kita jangan hanya menjadi konsumer untuk game. Kita akan dorong game ini suatu saat menjadi devisa besar di negara kita,"ujar Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, pada talk show di Acara Peluncuran Skyegrid tersebut.

Senada dengan Menkominfo, Direktur Infrastruktur TIK Bekraf Muhammad Neil El Himam menuturkan, Skyegrid sangat mungkin menjadi nafas baru bagi industri game, khususnya pengembang game lokal di masa depan.

"Tugas kami di Bekraf salah satunya membangun ekosistem. Bagi kami, Skyegrid ini adalah salah satu elemen ekosistem industri game nasional yang kita butuhkan saat ini. Tahun lalu, nilai pasar video game diperkirakan mendekati 900 juta dolar, atau sekitar 13 triliun rupiah. Porsi lokal kurang dari 5 persen. Saya berharap, keberadaan Skyegrid bisa terus menggenjot porsi lokal, dari lima persen jadi 10 persen, 20 persen, dan seterusnya, hingga para developer lokal tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya di dalam talk show.

 

Berita Terkait

Terbaru! Telegram Hadir Dengan Versi  4.7 Terbaru! Telegram Hadir Dengan Versi 4.7
Ini Aplikasi Pencari Game Gratis di Android dan iOS Ini Aplikasi Pencari Game Gratis di Android dan iOS
Rayakan Valentine, Google Siapkan Fitur Baru di Google Photo Rayakan Valentine, Google Siapkan Fitur Baru di Google Photo

#Android #iOS #Gamer #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar