3 Senjata Pamungkas Kemenpar Datangkan Wisatawan

Danau Toba, Sumatera Utara (Pixabay)

Arah - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memiliki Program 3 Senjata Pemungkas untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Program tersebut berupa 3 pilar co-creotian mulai dari Super Extraordinary Efforts, Extraordinary Efforts, dan Ordinary Efforts.

"Extraordinary insentif untuk airline. Kedua adalah hot deals. Idenya sederhana, kita menjual pada saat low season," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Hot deals untuk tiket pesawat dan hotel bagi turis yang ingin berkunjung ke 15 Destinasi Wisata Branding. Tujuannya agar arus kedatangan wisatawan ke lokasi wisata tetap tinggi.

Adapun 15 destinasi wisata tersebut yakni Bandung, Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, Joglosemar (logja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, Palembang, Labuan Bajo hingga Padang.

Baca Juga: KUR Pariwisata Dukung Target 20 Juta Kunjungan Wisman
Bali Potensial Kembangkan Desa Wisata Membaca

Ordinary Effort merupakan bentuk publikasi co-branding dari sisi konten kreatif. Sementara Super Extraordinary Offers adalah pembuatan Low Cost Terminal (LCT) bagi maskapai berbiaya rendah atau LCC. Rencananya, Terminal 2 F Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dijadikan pusat LCT pertama di Indonesia.

Kemenpar menilai pentingnya Border Tourism atau wisatawan lintas negara. Dia mencontohkan Malaysia yang 60 -70 persen wisatawannya merupakan warga Singapura.

"Itu juga kenapa Prancis bisa sampai 80 juta kunjungan dengan devisa hampir 100 miliar (dolar AS) karena mereka melalukan border tourism dengan baik," pungkasnya.

Berita Terkait

Dispar NTT Apresiasi Bertambahnya Layanan Penerbangan Antardaerah Dispar NTT Apresiasi Bertambahnya Layanan Penerbangan Antardaerah
KUR Pariwisata Dukung Target 20 Juta Kunjungan Wisman KUR Pariwisata Dukung Target 20 Juta Kunjungan Wisman
Jelang Libur Panjang, Pemesanan Kamar hotel di Parapat Meningkat Jelang Libur Panjang, Pemesanan Kamar hotel di Parapat Meningkat

#Arief Yahya #kemenpar #labuan bajo #Danau Toba #Destinasi Wisata #Wisatawan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar