Demi Pemilu Damai, Kakek Ini Rela Jalan Kaki 549 Kilometer

Agus Suwarno (Dok.KPU)

Arah - Di tengah hingar bingar menjelang pileg dan pilpres, apa yang dilakukan Agus Suwarno layak diapresiasi. Pria 72 tahun asal Desa Senenan Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah ini rela berjalan kaki dari Jepara ke Jakarta sejauh 549,5 km untuk menyuarakan Pemilu 2019 damai dan aman.

Ayah empat anak, enam cucu dan dua cicit ini mengaku resah dengan situasi perpolitikan yang semakin panas jelang pemungutan suara Pemilu 2019. Menurut Agus, perbedaan dukungan yang berpotensi memecah belah masyarakat harus segera diakhiri.

Dia mengajak semua elemen bangsa kembali pada prinsip berbhinneka, beda pilihan namun persatuan dan kesatuan yang utama.

“Saya ngenes (miris) kalau melihat televisi yang setiap menit isinya ribut-ribut saling menjelek-jelekkan antar kubu yang berbeda pilihan. Ini tidak bisa didiamkan,” ujarnya sebelum memulai perjalanan, Jumat (1/3/2019).

Pria yang akrab disapa Agus Kumis bertekad menyebarluaskan pesan positif kepada publik selama dalam perjalanan. Perjalanan Agus menuju Jakarta melalui jalur selatan diperkirakan membutuhkan waktu tiga minggu. Setibanya di Jakarta nanti, dia berencana mengunjungi Gedung KPU RI, Mabes Polri, Kantor Gubernur DKI Jakarta hingga Istana Merdeka.

Baca Juga: Begini Harapan Ketua DPR Terkait Pemilu 2019
Gatot Nurmantyo: Pemilu Harus Utamakan Persatuan Bangsa

Bukan pertama kali

Menempuh perjalanan ratusan kilometer bukan yang pertama bagi Agus. Pada 2016 silam, dia juga berjalan Jepara-Jakarta selama 16 hari melalui pantai utara untuk mengampanyekan anti narkoba. Dia sempat bertemu langsung dengan Budi Waseso yang menjabat Kepala BNN saat itu.

Setahun setelahnya, Agus berjalan menuju Surabaya, Jawa Timur dengan misi yang sama, mengampanyekan Indonesia AntiNarkotika. Di Kota Pahlawan Agus diterima Walikota Surabaya serta Kepala BNN Provinsi Jawa Timur.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengapresiasi tekad Agus yang ingin agar Pemilu 2019 berjalan dengan damai dan aman. Semangat yang ditunjukkan Agus turut memacu jajarannya untuk menghadirkan pemilu yang damai dana man.

“Kita buktikan bersama bahwa Pemilu 2019 dapat berjalan damai,” ujarnya seperti dilansir situs KPU.

Sebelum Agus memulai perjalanan, Subchan memberikan kaos bertuliskan pesan Sukseskan Pemilu 17 April 2019. Sia juga mengingatkan masyarakat untuk #antiHoax, #antiSARA dan #antiPolitikUang.

Berita Terkait

KPU Serahkan Bocoran Soal Debat ke Pasangan Capres KPU Serahkan Bocoran Soal Debat ke Pasangan Capres
Duh Jelang Pilpres Kemungkinan Serangan Siber Menyerang ... Duh Jelang Pilpres Kemungkinan Serangan Siber Menyerang ...
Gelar Debat Capres, KPU Gandeng KPK Gelar Debat Capres, KPU Gandeng KPK

#kpu #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Inspiratif #sosok inspiratif #Aksi Jalan Kaki #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar